PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP FREE METHODIST 1 MEDAN

Rajagukguk, Hodtua Lestari (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VII SMP FREE METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111068_Cover.pdf] Text
2203111068_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 2203111068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 2203111068_Abstrak.pdf] Text
2203111068_Abstrak.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 2203111068_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111068_Kata_Pengantar.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2203111068_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111068_Daftar_Isi.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2203111068_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111068_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 2203111068_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111068_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2203111068_BAB_I.pdf] Text
2203111068_BAB_I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 2203111068_BAB_II.pdf] Text
2203111068_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[thumbnail of 2203111068_BAB_III.pdf] Text
2203111068_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[thumbnail of 2203111068_BAB_IV.pdf] Text
2203111068_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[thumbnail of 2203111068_BAB_V.pdf] Text
2203111068_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 2203111068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 2203111068_Lampiran.pdf] Text
2203111068_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan siswa menulis teks berita pada siswa kelas VII SMP Free Methodish 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak 162 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 dengan jumlah 40 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe one group pre-test post-test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Hasil kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VII SMP Free Methodis 1 Medan sebelum menggunakan model project based learning tertinggi berada pada kategori cukup dengan persentase
32,5% dari 40 siswa. Sehingga belum memenuhi KKM yang sudah ditentukan di sekolah yaitu sebesar 75. Hal ini terjadi karena minat dan kemampuan siswa yang rendah dan merasa sulit menulis teks berita. Model tersebut yang berpusat pada
guru saja, hanya mengikuti arahan dari guru tanpa melihat motivasi anak aktif tidaknya dalam menulis teks berita. Hasil Penelitan : (1) Kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VII SMP Free Methodish 1 Medan setelah menggunakan model project based learning tertinggi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 47,5% dari 40 siswa. Sehingga sudah memenuhi KKM yang ditentukan
oleh sekolah yaitu sebesar 75. Hal ini terjadi karena tindakan guru yang mengelompokkan siswa untuk mendiskusikan kegiatannya. Guru yang ikut juga mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran serta memberikan bantuan,dorongan, motivasi yang dapat mempermudah kegiatan pembelajaran siswa. Siswa juga turut aktif untuk bertanya tentang kesulitan yang dialami saat menulis teks berita. (2) Model project based learning efektif dan berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VII SMP Free
Methodish 1 Medan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil pretest dan post-test. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan siswa dalam menulis teks berita setelah menggunakan model project based learning lebih tinggi daripada sebelum menggunankan model project based learning. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh t hitung to = 7,6 setelah diuji signifikansinya pada taraf
signifikan 5% dengan df = (N1+N2)-2 = (40+40)-2 =78. Pada taraf t dengan df = 78 diperoleh taraf signifikansinya 1,990 Karena to yang diperoleh lebih besar daripada t tabel yaitu 3,08 > 1,68 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning; Menulis; Teks Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:27
Last Modified: 23 Jul 2025 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64270

Actions (login required)

View Item
View Item