Lubis, Harumi Ramadhani (2024) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141003_Cover.pdf
Download (391kB)
7203141003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
7203141003_Abstrak.pdf
Download (600kB)
7203141003_Kata_Pengantar.pdf
Download (663kB)
7203141003_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
7203141003_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
7203141003_Daftar_Gambar.pdf
Download (98kB)
7203141003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (157kB)
7203141003_BAB_I.pdf
Download (919kB)
7203141003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
7203141003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
7203141003_BAB_V.pdf
Download (522kB)
7203141003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (560kB)
7203141003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (560kB)
7203141003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Status Sosial Ekonomi
Orang Tua Lingkungan Keluarga dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar
Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian expost-facto. Penelitian ini menggunakan teknik simple random
sampling dengan jumlah sampel 142 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala likert. Uji validitas instrumen
penelitian dilakukan menggunakan Product Moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan nilai Cronbach Alpha. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
data yaitu analisis regresi linear berganda dengan teknik pengujian hipotesis berupa
hipotesis secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan uji koefisien
determinasi (R2) untuk mengukur kontribusi variabel bebas terhadap
variabel terikat.
Hasil penelitian ini diperoleh dari data statistik dimana menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua,
lingkungan keluarga, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa. Dalam
persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 40,931 + 0,262 + 0,375 + 0,292. Pada
uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai (R Square) sebesar 0,890. Artinya
bahwa status sosial ekonomi orang tua, lingkungan keluarga, dan perhatian orang
tua secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 89%
dan sisanya sebesar 11% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam
penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Keluarga, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:14 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 08:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64255 |
