PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN HOTS LITERASI PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMPN 24 MEDAN

Siregar, Shalomita K. (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN HOTS LITERASI PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VII SMPN 24 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203351030_Cover.pdf] Text
4203351030_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4203351030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203351030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4203351030_Abstrak.pdf] Text
4203351030_Abstrak.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203351030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203351030_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4203351030_Daftar_Isi.pdf] Text
4203351030_Daftar_Isi.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 4203351030_BAB_I.pdf] Text
4203351030_BAB_I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 4203351030_BAB_II.pdf] Text
4203351030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of 4203351030_BAB_III.pdf] Text
4203351030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[thumbnail of 4203351030_BAB_IV.pdf] Text
4203351030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[thumbnail of 4203351030_BAB_V.pdf] Text
4203351030_BAB_V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4203351030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203351030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4203351030_Lampiran.pdf] Text
4203351030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem based learning (PBL) berbantuan permainan monopoli dan ranah kognitif yang paling terkembang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 24 Medan.Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik pengambilan sampel (random sampling). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua, kelas eksperimen dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional.Data Pretest dan postest sertapeningkatan Kemampuan HOTS Literasi yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal.Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 50, 31 dan postest sebesar 78, 28 sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol sebesar 47,34 dan postest sebesar 62, 97. Adapun hasil perolehan rata-rata nilai peningkatan Kemampuan HOTS Literasi siswa (gain) pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,58 (58%) sedangkan peningkatan kemampuan HOTS Literasi siswa (gain) pada kelas kontrol adalah sebesar 0,31(31%).Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan Uji hipotesis menggunakan uji t-satu pihak yaitu t pihak kanan pada taraf signifikasi 5% (� = 0,05), diperoleh bahwa �ℎi���g > � ����� (9,64 >1.99) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Dengan demikian peningkatan Kemampuan HOTS Literasi siswa yang diberikan model pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen dari C4 (Analisis) pencapaian nya sebesar 54% pada C5 (Sintesis) Diperoleh 50% dan pada C6 (Evaluasi) diperoleh pencapaian nya sebesar 36%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ranah kognitif yang paling terkembang pada kelas eksperimen yang di belajarkan dengan model problem based learning (PBL) pada materi sistem tata surya adalah ranah kognitif C4 (analisis) sebesar 54%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 523.2 Sir p
Keywords: Problem based learning; Permainan monopoli; Sistem tata surya; Kemampuan HOTS literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QB Astronomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:31
Last Modified: 23 Jul 2025 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64251

Actions (login required)

View Item
View Item