Evaluasi Kapasitas Dan Pelayanan Gerbang Tol (Studi Kasus Gerbang Tol Tanjung Mulia)

Husin, Rahman (2025) Evaluasi Kapasitas Dan Pelayanan Gerbang Tol (Studi Kasus Gerbang Tol Tanjung Mulia). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183250020_Cover.pdf] Text
5183250020_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 5183250020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183250020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 5183250020_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183250020_Kata_Pengantar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 5183250020_Abstrak.pdf] Text
5183250020_Abstrak.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5183250020_Daftar_Isi.pdf] Text
5183250020_Daftar_Isi.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5183250020_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183250020_Daftar_Tabel.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 5183250020_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183250020_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 5183250020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183250020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 5183250020_BAB_I.pdf] Text
5183250020_BAB_I.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 5183250020_BAB_II.pdf] Text
5183250020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183250020_BAB_III.pdf] Text
5183250020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[thumbnail of 5183250020_BAB_IV.pdf] Text
5183250020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183250020_BAB_V.pdf] Text
5183250020_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 5183250020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183250020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 5183250020_Lampiran.pdf] Text
5183250020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalan tol di selengarakan untuk mendukung pergerakan lalu lintas secara optimal serta meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi guna menunjang peningkatkan petumbuhan ekonomi terutama di wilayah yang tingkat perkembangan ekonominya tinggi. Pada penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2024. Di Gerbang Tol Tanjung Mulia didapati tingkat kedatangan kendaraan pada pagi, siang, dan sore untuk gardu gerbang tol otomatis sebesar (257), (276), (355), dan pada gardu tol Multi sebesar (63), (76), (68), untuk waktu pelayanan di bagi menjadi 2 yaitu waktu pelayanan rata-rata yang didapat ketika melakukan survey dan waktu pelayanan maksimum yang didapatkan melalui perhitungan, waktu pelayanan rata-rata gardu tol pada segmen pagi sebesar (3,81), siang (3,80), sore (3,79) dalam satuan detik/kendaraan, untuk gardu multi (3,67) (3,76), (3,60) dalam satuan detik/kendaraan. sedangkan waktu pelayanan maksimum untuk gardu GTO pada segmen pagi, siang, sore sebesar (14,00) (13,04) (10,14) dalam satuan detik/kendaraan, dan untuk gardu tol multi didapat sebesar (57,14), (51,42), (52,94), hal ini meyimpulkan bahwa waktu pelayanan pada gerbang tol Tanjung Mulia saat ini sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimum sebesar 9 detik/kendaraan, pada gardu keluar dengan sistem tertutup maksimal 5 detik/kendaraan pada GTO. Perhitungan yang dilakukan pada dasarnya menunjukan tidak ditemukannya ada antrian ataupun kemacetan yang berarti pada gerbang tol Tanjung Mulia gardu keluar.Panjang antrian yang terjadi juga tidak melebihi 1 kendaraan. Jumlah gardu pada gerbang tol Tanjung Mulia masih memenuhi Standar Pelayanan Minimum, namun kerap di jumpai banyaknya antrian bukan karena kapasitas dari gerbang tol yang tidak seimbang melainkan terjadinya seperti proses Top-up yang memakan bahu jalan pada lajur pintu gardu keluar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:53
Last Modified: 23 Jul 2025 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64229

Actions (login required)

View Item
View Item