Hasibuan, Yuliatri Putri (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Informatika. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193151006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 5193151006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 5193151006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Kata_Pengantar.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of 5193151006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Abstrak.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 5193151006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 5193151006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 5193151006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 5193151006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 5193151006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_BAB_I.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 5193151006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (658kB)
![[thumbnail of 5193151006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
![[thumbnail of 5193151006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (755kB)
![[thumbnail of 5193151006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_BAB_V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 5193151006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of 5193151006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193151006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Paradigma pendidikan telah berubah menjadi “belajar” daripada “mengajar”, di mana siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Problem Based Learning (PBL) memanfaatkan masalah dunia nyata sebagai konteks belajar, sementara e-modul disarankan sebagai bahan ajar efektif dengan dapat diakses melalui smartphone. Di SMK Swasta Imelda masih menggunakan pembelajaran konvensional, dari itu maka perlu dibuat pembelajaran Informatika dengan pendekatan praktis, aktif, dan mandiri melalui pengembangan e modul agar siswa dapat memahami aplikasi komputer dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika di SMK Swasta Imelda, serta kelayakan dan efektivitas e-modul yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian akan dilakukan pada kelas X TKJ berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang didalamnya terdapat proses analisis, desain, pengembangan, penggunaan, dan evaluasi. Analisis data yang digunakan dimulai dari validasi ahli media dan ahli mater. Dilanjutkan dengan akseptansi dari siswa setelah penggunaan aplikasi. Serta uji efektifitas yang terdiri dari uji butir soal dan uji N-gain. Hasil evaluasi kelayakan oleh ahli media menunjukkan rata-rata persentase sebesar 78%, sedangkan hasil evaluasi oleh ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 84%. Kedua evaluasi ini termasuk dalam kategori Sangat Layak. Selain itu, hasil uji penerimaan oleh siswa menunjukkan persentase sebesar 89%, yang juga mendapat kategori Sangat Layak. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat dianggap efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, dengan nilai N-Gain sebesar 0,88 dan persentase 88%. Pencapaian N-Gain yang signifikan ini menunjukkan efektivitas dari produk E-Modul tersebut. Dari data yang di dapat maka disimpulkan bahwa penggunaan media yang dikembangkan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul; Problem Based Learning; Informatika; ADDIE; Media belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:08 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64169 |