Gultom, Widia Lestari (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Chatbot Sebagai Pendukung Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193351023_Cover.pdf
Download (186kB)
5193351023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (479kB)
5193351023_Kata_Pengantar.pdf
Download (302kB)
5193351023_Abstrak.pdf
Download (312kB)
5193351023_Daftar_Isi.pdf
Download (226kB)
5193351023_Daftar_Tabel.pdf
Download (172kB)
5193351023_Daftar_Gambar.pdf
Download (171kB)
5193351023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (171kB)
5193351023_BAB_I.pdf
Download (641kB)
5193351023_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193351023_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193351023_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193351023_BAB_V.pdf
Download (289kB)
5193351023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (420kB)
5193351023_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan pemanfaatan chatbot dan juga untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran dengan pemanfaatan chatbot sebagai pendukung model problem based learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Pengembangan media pembelajaran dengan pemanfaatan chatbot sebagai pendukung model pembelajaran merupakan proses perancangan dan pembuatan media pembelajaran dengan konsep pendukung sebuah model pembelajaran serta media pembelajaran yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu analize, design, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian ini adalah 25 Siswa X RPL 2 SMK Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan keseluruhan rata rata hasil ahli media 4,17 yang berarti “sangat layak” ahli materi 4,66 yang berarti “Sangat Layak”, dan Akseptabilitas pengguna produk 4,31 yang berarti “ Sangat Layak”. Jadi dapat dikatakn secara umum bahwa media pembelajaran yang dibuat sepenuhnya dapat digunakan. Hasil penelitian uji efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan chatbot sebagaii pendukung pembelajaran pada siswa kelas X RPL pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar menunjukkan penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan chatbot memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dengan menggunakan media tersebut lebih tinggi yaitu 87,40. Sementara siswa kelas kontrol atau siswa yang kegiatan belajarnya tampa media pembelajaran dengan pemanfaatan chatbot memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 66,60 .
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Chatbot; problem Based Learning; Komputer dan jaringan dasar |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:04 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 08:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64168 |
