Azzahra, Tarisa (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Swasta Rahmat Islamiyah. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201151010_Cover.pdf
Download (357kB)
5201151010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (393kB)
5201151010_Kata_Pengantar.pdf
Download (478kB)
5201151010_Abstrak.pdf
Download (363kB)
5201151010_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
5201151010_Daftar_Tabel.pdf
Download (230kB)
5201151010_Daftar_Gambar.pdf
Download (230kB)
5201151010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (327kB)
5201151010_BAB_I.pdf
Download (679kB)
5201151010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (992kB)
5201151010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201151010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5201151010_BAB_V.pdf
Download (283kB)
5201151010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (505kB)
5201151010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Peralihan kurikulum merdeka membuat keterbatasan waktu pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran. Observasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru belum dapat mencapai capaian pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi yaitu siswa memahami jenis alat ukur dan penggunaannya dalam pemeliharaan jaringan komputer dan sistem telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menilai kelayakan, serta menguji akseptabilitas dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TKJ 2 di SMK Swasta Rahmat Islamiyah. Prosedur penelitian mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), sedangkan untuk pengembangan produk media menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengujian media pembelajaran mencakup penilaian kelayakan materi dan media, kegunaan, serta efektivitasnya. Hasil uji kelayakan menunjukkan media ini layak digunakan dengan 4,75 untuk kelayakan materi dan 4,20 untuk kelayakan media. Akseptabilitas oleh peserta didik memperoleh skor 3,82 yang dikategorikan tinggi. Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-test dan post-test pada kelas X TKJ 2, menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,7 yang dikategorikan sedang. Secara presentase (%), skor N-Gain sebesar 70% tergolong cukup efektif. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran dipandang sangat layak dan cukup efektif digunakan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran; Discovery Learning; Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:31 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 04:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64158 |
