Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2021/2022

Siburian, Tetti (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2181111022 COVER.pdf] Text
1. NIM 2181111022 COVER.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2. NIM 2181111022 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2181111022 APPROVAL SHEET.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 3. NIM 2181111022 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2181111022 ABSTRACT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4. NIM 2181111022 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2181111022 PREFACE.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 5. NIM 2181111022 TABEL OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2181111022 TABEL OF CONTENT.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 6. NIM 2181111022 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2181111022 LIST OF TABLE.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 7.  NIM 2181111022 APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 2181111022 APPENDICES.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 8.  NIM 2181111022 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2181111022 CHAPTER I.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of 9.  NIM 2181111022 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM 2181111022 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[thumbnail of 10.  NIM 2181111022 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM 2181111022 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 2181111022 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM 2181111022 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 2181111022 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2181111022 CHAPTER V.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 13. NIM 2181111022 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2181111022 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 14. NIM 2181111022 ENDCLOSURE.pdf] Text
14. NIM 2181111022 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan
observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Paranginan masih tergolong rendah dan guru
belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar
mengajar sehingga perlu penerapan suatu model pembelajaran, salah satunya yaitu
model pembelajaran brain writing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh penggunaan model brain writing terhadap kemampuan siswa dalam
menulis teks laporan observasi kelas X SMA Negeri 1 Paranginan. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Paranginan pada tahun
pemebelajaran 2021/2022 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa
sebanyak 255 siswa. Sampel penelitian sebanyak 33 siswa dari populasi yang
ditentukan melalui teknik random sampling. Penelitian ini adalah penelitiam
eksperimen dengan design one group pre-test post-test. Hasil penelitian dan
kesimpulan dalam penelitian ini adalah : 1) Kemampuan menulis teks laporan
observasi dengan menggunakan model ceramah masih rendah. Dari hasil pengolahan
data diperoleh nilai rata-rata 64,85, dan standard deviasi 10,64 dengan jumlah siswa
yang memiliki nilai di bawah KKM (72) sebanyak 24 siswa. 2) Sedangkan
kemampuan menulis teks laporan observasi dengan menggunakan model
pembelajaran brain writing diperoleh hasil nilai yang baik. Hal tersebut dapat dilihat
dari hasil pengolahan data deporoleh dengan nilai rata-rata 78,64 dan standard deviasi
9,21 dengan jumlah siswa yang memiliki nilai dibawah KKM (72) sebanyak 5 siswa
3) Hasil perhitungan normalitas pada kelompok pre-test memperoleh harga Lhitung <
Ltabel (0.128 < 0,886) dan pada kelompok post-test memperoleh harga Lhitung < Ltabel
(0,121 < 0,886). Hal ini membuktikan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Hasil
perhitungan homogenitas memperoleh harga Fhitung < Ftabel (1,33 < 1,97) hal ini
membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogenitas. Hail
perhitungan hipotesis memperoleh harga thitung > ttabel (7,21 > 1,70), maka hipotesis
altenatif (Ha) diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Pengaruh Model
Pembelajaran Brain Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Observasi
Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Menulis; Teks Laporan Observasi; Model Brain Writing
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:52
Last Modified: 22 Jul 2025 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64147

Actions (login required)

View Item
View Item