Rahmah, Tasya Aulia (2022) Analisis Pembelajaran pada Materi Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 2181111015 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 2181111015 COVER.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2181111015 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2181111015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2181111015 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2181111015 ABSTRACT.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2181111015 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2181111015 PREFACE.pdf
Download (328kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2181111015 TABLE IS CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2181111015 TABLE IS CONTENT.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2181111015 LIST OF FIGURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2181111015 LIST OF FIGURE.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2181111015 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2181111015 APPENDICES.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2181111015 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2181111015 CHAPTER I.pdf
Download (504kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2181111015 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2181111015 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (839kB)
![[thumbnail of 10. NIM 2181111015 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2181111015 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (804kB)
![[thumbnail of 11. NIM 2181111015 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2181111015 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
![[thumbnail of 12. NIM 2181111015 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2181111015 CHAPTER V.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 13. NIM 2181111015 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2181111015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (370kB)
![[thumbnail of 14. NIM 2181111015 ENDCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2181111015 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yakni untuk menggambarkan: 1.
Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis berita pada kelas VIII siswa SMP
swasta gajah mada? , 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis berita pada
kelas VIII siswa SMP gajah mada? , 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran menulis
teks berita kelas viii smp gajah mada? , 4. Kendala apa saja yang dialami saat
kegiatan menulis kelas viii smp gajah mada? . Beberapa masalah tersebut diatas
dikaji dengan melaksanakan penelitian secara kualitatif yang berlokasi di SMP
Swasta Gajah Mada. Adapun data yang pada pelaksanaan penelitian ini berupa
wawancara, instrument, dokumentasi serta observasi. Dari hasil yang diperoleh,
diketahui bahwa: 1. Dari segi perencanaan dapat dikatakan baik. Akan tetapi
ketika membuat RPP pendidik tidak membuatnya secara mandiri dan hanya
memanfaatkan RPP yang sebelumnya telah tersedia. Selanjutnya terdapat
berbagai jenis komponen yang dianggap belum sesuai dengan pelaksanaan. 2)
proses pembelajaran dapat mengakomodasi siswa agar mampu berperan aktif,
kreatif, mandiri. Namun kurangnya media yang digunakan guru sehingga
kurangnya inovatif belajar yang digunakan guru. Akan tetapi kegiatan
pelaksanaan pembelajaran berjalan sangat baik. 3) Evaluasi yang digunakan guru
yakni kognitif, afektif maupun psikomotorik. 4) Kendala apasaja yang terjadi pada
guru pada proses pembelajaran yaitu terdapat siswa yang memiliki kemampuan
berbeda, dan kendala yang dialami siswa kelengkapan media belajar masih
kurang. Solusi guru dalam menangani kendala dengan cara menerangkan ulang
materi yang belum sepenuhnya dipahami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; Menulis teks berita |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64145 |