Pengembangan E-Modul Berbasis Case Based Learning (CBL Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X diSMKS PAB 2 Helvetia

Pardosi, Nisa H.E. (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Case Based Learning (CBL Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X diSMKS PAB 2 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203151033_Cover.pdf] Text
5203151033_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 5203151033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203151033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 5203151033_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203151033_Kata_Pengantar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5203151033_Abstrak.pdf] Text
5203151033_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 5203151033_Daftar_Isi.pdf] Text
5203151033_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 5203151033_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203151033_Daftar_Tabel.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 5203151033_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203151033_Daftar_Gambar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 5203151033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203151033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5203151033_BAB_I.pdf] Text
5203151033_BAB_I.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of 5203151033_BAB_II.pdf] Text
5203151033_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203151033_BAB_III.pdf] Text
5203151033_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203151033_BAB_IV.pdf] Text
5203151033_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203151033_BAB_V.pdf] Text
5203151033_BAB_V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 5203151033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203151033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 5203151033_Lampiran.pdf] Text
5203151033_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran pada mata pelajaran Informatika elemen jaringan komputer dan internet pada peserta didik kelas X PPLG-2 di SMKS PAB 2 Helvetia, dengan upaya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan konten pembelajaran yang dapat diakses secara luas, dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari penggunaan e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu anallisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa PPLG- 2 SMKS PAB 2 Helvetia. Pada penelitian ini, dilakukan uji kelayakan oleh 2 validator ahli materi, 2 ahli media dan akseptansi siswa. Berdasarkan hasil uji kelayakan materi, media, dan akseptabilitas pengguna produk menyatakan bahwa e-modul pembelajaran sangat layak digunakan dengan nilai 4,70 uji kelayakan materi, 4,41 uji kelayakan e modul dan akseptabilitas peserta didik 87%. Selain uji kelayakan, uji efektivitas juga dilakukan untuk mengukur minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan e-modul. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan untuk mengukur minat belajar siswa sebelum menggunakan e-modul dan sesudah menggunakan e-modul dengan perbedaan rata-rata 34.23333. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul interaktif; iSpring Suite; Case Base Learning; Jaringan Komputer dan Internet
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:31
Last Modified: 22 Jul 2025 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64121

Actions (login required)

View Item
View Item