Prasandy, Muhammad (2025) Pengembangan Sistem Pendukung Pembelajaran Dengan Chatbot Via Telegram Pada Mata Pelajaran Informatika di Sekolah Menengah Kejuruan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193351008_Cover.pdf
Download (137kB)
5193351008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5193351008_Kata_Pengantar.pdf
Download (206kB)
5193351008_Abstrak.pdf
Download (179kB)
5193351008_Daftar_Isi.pdf
Download (215kB)
5193351008_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
5193351008_Daftar_Gambar.pdf
Download (202kB)
5193351008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (173kB)
5193351008_BAB_I.pdf
Download (551kB)
5193351008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193351008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193351008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5193351008_BAB_V.pdf
Download (233kB)
5193351008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (344kB)
5193351008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul "Pengembangan Sistem Pendukung Pembelajaran Dengan Chatbot Via Telegram Pada Mata Pelajaran Informatika di Sekolah Menengah Kejuruan" bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi kompleks pada mata pelajaran Informatika, khususnya pada topik sistem komputer. Masalah utama yang diidentifikasi adalah kesulitan siswa dalam menguasai materi yang mencakup sistem operasi, instalasi perangkat, Human-Computer Interface (HCI), serta komponen komputer. Keterbatasan waktu dan jumlah siswa yang banyak sering menghambat pendampingan intensif dari guru, dan informasi yang tersedia di artikel online sering kali kurang jelas. Hasil evaluasi validitas menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan memenuhi kriteria validasi Aiken, sehingga dinyatakan valid untuk digunakan. Penilaian akseptabilitas oleh siswa menunjukkan bahwa sistem ini sangat baik, dengan skor Tingkat Capaian Responden (TCR) yang tinggi pada aspek tampilan, kualitas konten, interaksi, kesesuaian, dan kinerja teknis. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan alat bantu belajar berbasis teknologi yang dapat diadaptasi dan diperluas untuk berbagai bidang studi dan aplikasi lainnya. Meskipun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan, termasuk fokus hanya pada satu sekolah dan belum mengukur efektivitas sistem dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara mendalam. Saran untuk penelitian lebih lanjut meliputi perluasan penggunaan sistem, peningkatan fitur interaktif, serta evaluasi jangka panjang terhadap dampak pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Sistem Pendukung Pembelajaran; Chatbot dan Sistem Komputer |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:27 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 02:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64119 |
