Rambe, Asni Dermaito (2012) PENGGUNAAN PENDEKATAN PAILKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI NO 117850 KP. DURIAN LABUHANBATU UTARA T.A 2011/2012.
108313035 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
108313035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
108313035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
108313035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313035 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
108313035 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam menguasai materi pokok sains di kelas IV SD Negeri No 117850 Kp. Durian Labuhanbatu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran sains kelas IV SD Negeri No 117850 Kp. Durian Labuhanbatu Utara T.A 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 35 siswa sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pendekatan PAILKEM dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I yang dilakukan terhadap 35 siswa dimana terdapat 14 orang siswa (40%) memiliki motivasi belajar kurang, 10 orang siswa (28,57%) memiliki motivasi cukup, 11orang siswa siswa (31,42%) memiliki motivasi baik dan pada tindakan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar yaitu 29 orang siswa(82,85%) sudah berada pada kategori motivasi belajar sangat baik, dan 4 orang siswa (11,42%) kategori motivasi belajar cukup dan 2 orang siswa (5,71%) berada pada kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menerapakan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran sains kelas IV SD Negeri No 117850 Kp. Durian Labuhanbatu Utara T.A 2011/2012. Disarankan kepada guru diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar yang kondusif melalui penggunaan pendekatan PAILKEM yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram p |
Keywords: | Pendekatan PAILKEM; Motivasi Belajar; Pelajaran Sains |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6411 |