Hutagalung, Fransisco Juliver (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMANEGERI 18MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203341001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Cover.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 7203341001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (894kB)
![[thumbnail of 7203341001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Abstrak.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 7203341001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Kata_Pengantar.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 7203341001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Daftar_Isi.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of 7203341001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Daftar_Tabel.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 7203341001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 7203341001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 7203341001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_BAB_I.pdf
Download (544kB)
![[thumbnail of 7203341001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203341001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
![[thumbnail of 7203341001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203341001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_BAB_V.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 7203341001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of 7203341001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203341001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa, dimana
masih banyak siswa yang nilai prestasi belajarnya masih di bawah KKM. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga
secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri
18 Medan T.A 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 orang dan
teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dimana jumlah sampel sama
dengan populasi. Alasan mengambil total sampling karena jumlah populasi yang kurang dari
100. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket dihitung menggunakan
formula Aiken dan reliabiitasnya dihitug dengan rumus Crobanch Alpha. Kemudian
dilakukan uji asumsi klasik dan selanjutnya dianalisis dengan uji hipotesis, uji t (uji parsial),
uji f (uji simultan) dan anallisis koefisien determinan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel disiplin belajar (X1) memiliki
korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,046 dan memiliki
pengaruh signifikan karena �ℎ����� > ������ yaitu 2,983 > 1,667. Sedangkan variabel
lingkungan keluarga (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar
(Y) dengan nilai 0,560 dan memiliki pengaruh signifikan karena �ℎ����� > ������ yaitu
39,582 > 1,667. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung yang
sebesar 729,637 yang lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3,89. Disiplin belajar dan
lingkungan keluarga memiliki determinasi sebesar 95,8% terhadap prestasi belajar, sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin
belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 18
Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64107 |