Batubara, Ester Lina (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203141018_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Cover.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 7203141018_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203141018_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Abstrak.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 7203141018_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Kata_Pengantar.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 7203141018_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Daftar_Isi.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 7203141018_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 7203141018_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 7203141018_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
![[thumbnail of 7203141018_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_BAB_I.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 7203141018_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
![[thumbnail of 7203141018_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (816kB)
![[thumbnail of 7203141018_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203141018_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_BAB_V.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of 7203141018_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of 7203141018_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203141018_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya prestasi belajar
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2022 pada mata kuliah Teori Ekonomi
Mikro. Hal ini terlihat bahwa mahasiswa angkatan 2021 secara signifikan
mendapatkan nilai A lebih banyak dibandingkan dengan angkatan 2022. Maka
penelitian ini menganalisis faktor-faktor potensial yang dapat memengaruhi
prestasi belajar seperti motivasi belajar dan kemandirian belajar. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan
kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi
angkatan 2022.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini
adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total
sampling atau seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 64 orang mahasiswa.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket atau kuisioner. Uji
instrumen penelitian menggunakan uji validitas dilakukan dengan menggunakan
validitas isi menggunakan rumus Aiken dan reliabilitas yang dilakukan dengan
menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan antara lain:
uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear berganda,
koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu : uji t dan uji f yang dilakukan
menggunakan Software SPSS versi 22.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 97,934 + 0,804X1 +
0,516X2 dengan koefisien determinasi sebesar 39,8%. Sedangkan hasil uji t
menunjukkan bahwa secara parsial Motivasi Belajar memiliki pengaruh yang positf
dan signifikan terhadap Prestasi Belajar mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel
(8,551>1,670) pada taraf signifikansi 95% atau α = (0,000<0,05), Kemandirian
Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar
mahasiswa dengan thitung > ttabel (4,094>1,670) pada taraf signifikan 95% atau α =
(0,000<0,05). Hasil uji F menunjukkan bahwa Motivasi Belajar dan Kemandirian
Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik
mahasiswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (20,157>3,15) pada taraf signifikansi α (0,000
< 0,05).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat
pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar
Terhadap Prestasi Belajar mahasiswa baik secara parsial dan simultan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64093 |