Auliannia, Dina (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI SMA NEGERI 1 SIPISPIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7201141006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Cover.pdf
Download (49kB)
![[thumbnail of 7201141006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 7201141006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Abstrak.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 7201141006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 7201141006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 7201141006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 7201141006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 7201141006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 7201141006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_BAB_I.pdf
Download (486kB)
![[thumbnail of 7201141006_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (948kB)
![[thumbnail of 7201141006_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (727kB)
![[thumbnail of 7201141006_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (713kB)
![[thumbnail of 7201141006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_BAB_V.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 7201141006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 7201141006_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil
belajar dan motivasi belajar siswa dan menentukan hubungan motivasi belajar
siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sipispis sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS 2
sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini
adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui nilai posttest siswa untuk
mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi motivasi belajar siswa untuk
mengukur motivasi siswa seama proses pembelajaran. Soal- soal yang digunakan
pada penelitian ini sudah dianalisis menggunakan Microsoft excel. Sedangkan, data
hasil belajar dan motivasi siswa diolah menggunakan spss yaitu dengan uji t dua
pihak. Namun, sebelum melakukan uji hipotesis tersebut, dilakukan uji prasayarat
yaitu uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen yang
diajarkan dengan mengimplementasikan permodelan PBL dengan Berbantuan
Media Canva dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan
mengimplementaskan permodelan Konvensional. Hal ini bisa diberikan bukti
mengacu pada nilai rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada
kelas kontrol. Begitupun dengan motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis, dengan menggunakan
uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel = 2,043 > 2,035. Hasil motivasi belajar ssiwa
dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel = 2,443 > 2,035
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar, Motivasi belajar siswa, pengaruh, Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Canva |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64086 |