Purba, Micael Leonardo Raymond Vannes (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan Materi Sistem Engine Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202422009_Cover.pdf
Download (104kB)
5202422009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (470kB)
5202422009_Kata_Pengantar.pdf
Download (295kB)
5202422009_Abstrak.pdf
Download (106kB)
5202422009_Daftar_Isi.pdf
Download (135kB)
5202422009_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
5202422009_Daftar_Gambar.pdf
Download (75kB)
5202422009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (107kB)
5202422009_BAB_I.pdf
Download (501kB)
5202422009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202422009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (626kB)
5202422009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202422009_BAB_V.pdf
Download (131kB)
5202422009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (260kB)
5202422009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena pada saat ini kegiatan proses belajar mengajar masih berpusat kepada guru, sehingga proses belajar mengajar hanya satu arah dan tidak terlalu melibatkan peserta didik sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Maka oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik kendaraan ringan di kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi dan tes kognitif selama kegiatan proses pembelajaran teknik kendaraan ringan, dengan menghitung nilai rata-rata keseluruhan aspek yang di amati berdasarkan setiap tindakan dalam beberapa siklus yang diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapam model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar teknik kendaraan ringan pada materi sistem engine teknik kendaraan ringan berdasarkan hasil yang diperoleh dengan nilai rata-rata kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang dimana pada siklus I sebesar 76,8 sedangkan pada siklus II yaitu menjadi 82,26. Maka rata-rata kelas naik sebesar 5,46%. Tidak hanya itu saja dan juga berdasarkan persentase ketuntasan siswa yang berawal pada siklus I sebesar 66,6% menjadi 86,6% pada siklus II.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran; kooperatif; Group Investigation (GI); hasil belajar |
| Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:03 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 08:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64083 |
