Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan Materi Sistem Engine Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Medan

Purba, Micael Leonardo Raymond Vannes (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan Materi Sistem Engine Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5202422009_Cover.pdf] Text
5202422009_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 5202422009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5202422009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 5202422009_Kata_Pengantar.pdf] Text
5202422009_Kata_Pengantar.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 5202422009_Abstrak.pdf] Text
5202422009_Abstrak.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 5202422009_Daftar_Isi.pdf] Text
5202422009_Daftar_Isi.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 5202422009_Daftar_Tabel.pdf] Text
5202422009_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 5202422009_Daftar_Gambar.pdf] Text
5202422009_Daftar_Gambar.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 5202422009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5202422009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 5202422009_BAB_I.pdf] Text
5202422009_BAB_I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 5202422009_BAB_II.pdf] Text
5202422009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202422009_BAB_III.pdf] Text
5202422009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[thumbnail of 5202422009_BAB_IV.pdf] Text
5202422009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202422009_BAB_V.pdf] Text
5202422009_BAB_V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 5202422009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5202422009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 5202422009_Lampiran.pdf] Text
5202422009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena pada saat ini kegiatan proses belajar mengajar masih berpusat kepada guru, sehingga proses belajar mengajar hanya satu arah dan tidak terlalu melibatkan peserta didik sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Maka oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik kendaraan ringan di kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi dan tes kognitif selama kegiatan proses pembelajaran teknik kendaraan ringan, dengan menghitung nilai rata-rata keseluruhan aspek yang di amati berdasarkan setiap tindakan dalam beberapa siklus yang diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapam model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar teknik kendaraan ringan pada materi sistem engine teknik kendaraan ringan berdasarkan hasil yang diperoleh dengan nilai rata-rata kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang dimana pada siklus I sebesar 76,8 sedangkan pada siklus II yaitu menjadi 82,26. Maka rata-rata kelas naik sebesar 5,46%. Tidak hanya itu saja dan juga berdasarkan persentase ketuntasan siswa yang berawal pada siklus I sebesar 66,6% menjadi 86,6% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran; kooperatif; Group Investigation (GI); hasil belajar
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:03
Last Modified: 21 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64083

Actions (login required)

View Item
View Item