Siregar, Cantika Maharani (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7201141004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Cover.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (837kB)
![[thumbnail of 7201141004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Abstrak.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Kata_Pengantar.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Daftar_Isi.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Daftar_Tabel.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Daftar_Gambar.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7201141004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 7201141004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_BAB_V.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 7201141004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7201141004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
Problem Based Learning berbantuan media youtube terhadap kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan, Kecamatan Medan
Area. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 2024. Penelitian ini
termasuk penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan dan sampel yang
digunakan yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang berjumlah 61 orang siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes pilihan berganda dan
esai terbuka sebanyak 20 soal, sebelum diberikan kepada siswa soal sudah diuji
oleh para ahli untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Untuk prosedur
penelitian dilaksanakan dengan persiapan terlebih dahulu yaitu penyusunan silabus,
RPP dan melakukan uji instrumen soal tes, melaksanakan tes awal (pre-test),
mengajar sesuai dengan silabus dan RPP dengan menggunakan model Problem
Based Learning di kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas kontrol,
kemudian melaksanakan tes akhir (post-test) dan tes kemampuan berpikir kritis.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dalam analisis uji
normalitas data tes kemampuan berpikir kritis, per-test dan post-test di kelas
eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan > 0,05 dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan berdistribusi “normal”. Hasil uji
homogenitas kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai signifikan bernilai 0,295
lebih besar dari 0,05 dan hasi belajar diperoleh nilai signifikan bernilai 0,110 lebih
besar dari 0,05 maka varian bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda
Independent Sample Test pada taraf siginifikan 0,05 diperoleh taraf signiifikan (2
tailed) pada tes kemampuan berpikir kritis sebesar 0,001, sedangkan pada tes hasil
belajar sebesar 0,000. Berdasarkan hasil perhitungan perhitungan yang telah
dilakukan maka dapat diketahui hasil sig (2 tailed) pada tes kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa “Model Problem
Based Learning Berbantuan Media Youtube berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan
Tahun Pelajaran 2023/2024”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Media Youtube, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64070 |