PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Siregar, Cantika Maharani (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7201141004_Cover.pdf] Text
7201141004_Cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7201141004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 7201141004_Abstrak.pdf] Text
7201141004_Abstrak.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7201141004_Kata_Pengantar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Daftar_Isi.pdf] Text
7201141004_Daftar_Isi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7201141004_Daftar_Tabel.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7201141004_Daftar_Gambar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7201141004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_BAB_I.pdf] Text
7201141004_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_BAB_II.pdf] Text
7201141004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7201141004_BAB_III.pdf] Text
7201141004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_BAB_IV.pdf] Text
7201141004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 7201141004_BAB_V.pdf] Text
7201141004_BAB_V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7201141004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7201141004_Lampiran.pdf] Text
7201141004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
Problem Based Learning berbantuan media youtube terhadap kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan, Kecamatan Medan
Area. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 2024. Penelitian ini
termasuk penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan dan sampel yang
digunakan yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang berjumlah 61 orang siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes pilihan berganda dan
esai terbuka sebanyak 20 soal, sebelum diberikan kepada siswa soal sudah diuji
oleh para ahli untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Untuk prosedur
penelitian dilaksanakan dengan persiapan terlebih dahulu yaitu penyusunan silabus,
RPP dan melakukan uji instrumen soal tes, melaksanakan tes awal (pre-test),
mengajar sesuai dengan silabus dan RPP dengan menggunakan model Problem
Based Learning di kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas kontrol,
kemudian melaksanakan tes akhir (post-test) dan tes kemampuan berpikir kritis.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dalam analisis uji
normalitas data tes kemampuan berpikir kritis, per-test dan post-test di kelas
eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan > 0,05 dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan berdistribusi “normal”. Hasil uji
homogenitas kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai signifikan bernilai 0,295
lebih besar dari 0,05 dan hasi belajar diperoleh nilai signifikan bernilai 0,110 lebih
besar dari 0,05 maka varian bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda
Independent Sample Test pada taraf siginifikan 0,05 diperoleh taraf signiifikan (2
tailed) pada tes kemampuan berpikir kritis sebesar 0,001, sedangkan pada tes hasil
belajar sebesar 0,000. Berdasarkan hasil perhitungan perhitungan yang telah
dilakukan maka dapat diketahui hasil sig (2 tailed) pada tes kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa “Model Problem
Based Learning Berbantuan Media Youtube berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan
Tahun Pelajaran 2023/2024”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Media Youtube, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:02
Last Modified: 21 Jul 2025 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64070

Actions (login required)

View Item
View Item