Auliya, Habiba (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Dalam Elemen Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Setia Budi Binjai Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
5201122002_Cover.pdf
Download (62kB)
5201122002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (726kB)
5201122002_Kata_Pengantar.pdf
Download (361kB)
5201122002_Abstrak.pdf
Download (241kB)
5201122002_Daftar_Isi.pdf
Download (309kB)
5201122002_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
5201122002_Daftar_Gambar.pdf
Download (255kB)
5201122002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (367kB)
5201122002_BAB_I.pdf
Download (590kB)
5201122002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201122002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201122002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5201122002_BAB_V.pdf
Download (265kB)
5201122002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (414kB)
5201122002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada elemen gambar teknik. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Setia Budi Binjai tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media PowerPoint berbasis video dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PowerPoint berbasis video secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata kemampuan awal kelas eksperimen adalah 52,09, sementara kelas kontrol adalah 52,50, Nilai rata-rata kemampuan akhir kelas eksperimen adalah 82,08, sedangkan kelas kontrol adalah 65,13. Data tes akhir dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang menunjukkan bahwa kedua kelompok sampel terdistribusi normal dan homogen. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran PowerPoint berbasis video dalam pembelajaran elemen gambar teknik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media pembelajaran; PowerPoint berbasis video; hasil belajar gambar teknik |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:45 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64062 |
