Sinulingga, Vioni Mima Shavera (2024) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Pembelajaran Menggunakan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Kelas XI TKJ Di SMKN 1 Parbuluan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173351047_Cover.pdf
Download (48kB)
5173351047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
5173351047_Kata_Pengantar.pdf
Download (123kB)
5173351047_Abstrak.pdf
Download (374kB)
5173351047_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
5173351047_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
5173351047_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
5173351047_Daftar_Gambar.pdf
Download (117kB)
5173351047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
5173351047_BAB_I.pdf
Download (744kB)
5173351047_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173351047_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173351047_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
5173351047_BAB_V.pdf
Download (373kB)
5173351047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (403kB)
5173351047_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat perubahan hasil belajar dalam penggunaan media video animasi pada pembelajaran teknologi jaringan berbasis luas menggunakan metode drill di kelas XI TKJ SMKN 1 Parbuluan. Metode drill adalah metode pembelajaran yang dilakukan secara berulang-ulang pada keadaan kelas yang tidak efektif dengan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI TKJ 1 SMKN 1 Parbuluan sebanyak 15 responden. Dalam penelitian ini juga melakukan uji kelayakan oleh 2 orang ahli materi dan 3 orang ahli media. Uji kelayakan dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang dikembangkan layak atau tidak. Hasil uji kelayakan materi diperoleh dengan skor 4,00 dengan kategori “Layak” dan uji kelayakan media diperoleh skor 4,62 dengan kategori “Sangat Layak”. Selain uji kelayakan, penilaian pengguna atau siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi juga dilakukan. Penilaian pengguna atau siswa dilakukan untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap media yang dikembangkan. Hasil penilaian akseptansi pengguna memperoleh skor 4.45 masuk ke dalam kategori “Sangat Tinggi” dan Rata-rata hasil uji N-Gain sebesar 0,79 dengan kategori “tinggi”. Perubahan hasil belajar siswa diperoleh skor nilai pretest 70,13 meningkat setelah penggunaan media video animasi dengan skor nilai posttest 93,33. Dengan demikian, media video animasi untuk pembelajaran dengan menggunakan metode drill dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI TKJ di SMKN 1 Parbuluan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Metode Drill |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:43 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 04:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64060 |
