Simarmata, Feby Laurensha (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111006_Cover.pdf
Download (47kB)
2203111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (443kB)
2203111006_Abstrak.pdf
Download (211kB)
2203111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
2203111006_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
2203111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (108kB)
2203111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (77kB)
2203111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
2203111006_BAB_I.pdf
Download (479kB)
2203111006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (902kB)
2203111006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (842kB)
2203111006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111006_BAB_V.pdf
Download (106kB)
2203111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (136kB)
2203111006_Lampiran.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Round Club terhadap Kemampuan Menelaah Informasi Dalam Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 168 orang. Sampel terdiri dari 62 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 31 orang dan kelas eksperimen sebanyak 31 orang. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen two group pre-test and post-test design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menelaah
informasi dalam teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025 dikelas kontrol tergolong kedalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 67,193, 2) Kemampuan menelaah informasi dalam teks
eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025 dengan menggunakan model pembelajaran Round Club tergolong kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85,83. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=31, diperoleh ttabel = 2,045. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 7,527 >
2,045, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan menelaah informasi dalam teks
eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Round Club; Menelaah; Teks Eksplanasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:20 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 04:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64028 |
