Manullang, Kurniawan Sandy (2025) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis Model PBL Menggunakan Sintaks Metode Team Games Tournament Pada Gambar Teknik Kelas X Teknik Permesinan SMK Swasta PAB I Helvetia Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202421003_Cover.pdf
Download (173kB)
5202421003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (652kB)
5202421003_Kata_Pengantar.pdf
Download (511kB)
5202421003_Abstrak.pdf
Download (326kB)
5202421003_Daftar_Isi.pdf
Download (351kB)
5202421003_Daftar_Tabel.pdf
Download (248kB)
5202421003_Daftar_Gambar.pdf
Download (247kB)
5202421003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (248kB)
5202421003_BAB_I.pdf
Download (520kB)
5202421003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202421003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (688kB)
5202421003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202421003_BAB_V.pdf
Download (302kB)
5202421003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (339kB)
5202421003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Swasta PAB I Helvetia yang disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan sintaks metode Team Games Tournament pada kegiatan inti belajar siswa kelas X SMK Swasta PAB I Helvetia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampel. Sehingga jumlah sampel sebanyak 25 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 empat tahap yaitu :Rancangan, pelaksanaan kegiatan dan pengamatan, observasi, dan refleksi/tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa didapatkan nilai kelas pada kegiatan pra siklus sebesar 65,47 dengan persentase ketuntasan sebesar 8%. Selanjutnya diberikan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,87 dengan persentase 60%. Kemudian, tindakan yang dilakukan pada siklus II diperoleh rerata nilai siswa sejumlah 86,07 dengan tingkat persentase ketuntasan sejumlah 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan sintaks metode Team Games Tournament pada belajar gambar teknik secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Permesinan SMK Swasta PAB I Helvetia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran; PBL; Team Games Tournament; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:43 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 02:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64004 |
