Tinambunan, Jeri Franata Frantius (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pengelasan SMAW Pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193121032_Cover.pdf
Download (220kB)
5193121032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (682kB)
5193121032_Kata_Pengantar.pdf
Download (438kB)
5193121032_Abstrak.pdf
Download (352kB)
5193121032_Daftar_Isi.pdf
Download (461kB)
5193121032_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
5193121032_Daftar_Gambar.pdf
Download (303kB)
5193121032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
5193121032_BAB_I.pdf
Download (607kB)
5193121032_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193121032_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
5193121032_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5193121032_BAB_V.pdf
Download (362kB)
5193121032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (550kB)
5193121032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bidang pengelasan siswa kelas XI yang rendah di SMK Negeri 2 Medan T.A 2023/2024 yang diakibatkan siswa cenderung pasif pada saat pada saat pembelajaran berlangsung, pembelajaran dikelas masih berorientasi pada guru, model pembelajaran yang diterapkan masih masih kurang tepat, dan siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar pengelasan SMAW pada siswa kelas XI Teknik Pengelasan Di SMK Negeri 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan (TP) bidang pengelasan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI TP 2 sebagai kelas kontrol dan XI TP 3 sebagai kelas eksperiment yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu divalidkan untuk kedua kelas sampel dan instrumen non-tes berupa lembar observasi keterampilan dan aktivitas siswa untuk kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 37,33 dan kelas kontrol sebesar 36,53. Hasil uji hipotesis data pretes menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa kemampuan awal kedua sampel sama. Kemudian dilakukan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk kelas eksperimen dan model konvensional untuk kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan, maka dilakukan postes terhadap kedua kelas sampel. Rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 82,53 dan kelas kontrol sebesar 70,26. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan model konvensional, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar yang disertai dengan penilaian keterampilan dan aktivitas belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengaruh Model Pembelajaran; Student Teams Achievement Divisions (STAD); Hasil Belajar; Pengelasan SMAW |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:39 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 02:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64003 |
