Zebua, Aris Melki Sedes (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Teknik Melalui Penerapan Mind Mapping Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMKS Era Utama. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5182121009_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Cover.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 5182121009_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (609kB)
![[thumbnail of 5182121009_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Kata_Pengantar.pdf
Download (390kB)
![[thumbnail of 5182121009_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Abstrak.pdf
Download (453kB)
![[thumbnail of 5182121009_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Daftar_Isi.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 5182121009_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Daftar_Tabel.pdf
Download (387kB)
![[thumbnail of 5182121009_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 5182121009_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (387kB)
![[thumbnail of 5182121009_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_BAB_I.pdf
Download (490kB)
![[thumbnail of 5182121009_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (789kB)
![[thumbnail of 5182121009_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (794kB)
![[thumbnail of 5182121009_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (818kB)
![[thumbnail of 5182121009_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_BAB_V.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 5182121009_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (463kB)
![[thumbnail of 5182121009_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182121009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwanya adanya peningkatan Hasil Belajar Menggambar Teknik Melalui Penerapan Mind Mapping Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMKS Era Utama yang dilakukan dalam 2 siklus. Dapat dilihat dari 2 siklus yang telah dibuat yaitu, pada siklus I hasil penilaian ditemukan bahwa terdapat 13 orang peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM serta dengan rata-rata hasil belajar 72,17 dengan presntase kelulusan 56,5 %. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang dilakukan pada siklus I ini sudah cukup baik namun masih kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu perlu dilakukan perbaikan dengan dilaksanakannya siklus II. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I sebelumnya dilihat dari hasil belajar yaitu seluruh peserta didik mencapai ketuntasan dan dengan rata rata hasil belajar 80,22 dengan presentase kelulusan 91,3 %. Maka dari itu penerapan mind mapping terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran gambar teknik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKS Era Utama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mind Mapping; Penerapan; Gambar Teknik |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63994 |