Waruwu, Asro Felix (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203141020_Cover.pdf
Download (353kB)
7203141020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203141020_Abstrak.pdf
Download (616kB)
7203141020_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203141020_Daftar_Isi.pdf
Download (929kB)
7203141020_Daftar_Tabel.pdf
Download (410kB)
7203141020_Daftar_Gambar.pdf
Download (340kB)
7203141020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (681kB)
7203141020_BAB_I.pdf
Download (6MB)
7203141020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203141020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203141020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
7203141020_BAB_V.pdf
Download (1MB)
7203141020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203141020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (54MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI-1 SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2024/2025 melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 yang berjumlah 36 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi aktivitas belajar ekonomi siswa pada siklus pertama terdapat 14 orang siswa (38,89%) yang termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus kedua terdapat 34 orang siswa (94,45%) yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif dan telah memenuhi indicator keberhasilan 75%. Dan diperoleh juga dari tes hasil belajar dengan rata-rata pre-test 66,11 dengan siswa yang lulus pada pre-test adalah 13 orang siswa (36,11%), pada post-test siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 76,67 dengan siswa yang lulus pada post-test siklus I adalah 19 orang siswa (52,78%) tetapi belum memenuhi kriteria keberhasilan. Pada post-test siklus II nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 92,06 dengan siswa yang lulus pada post-test siklus II adalah 35 orang siswa (94,44%) dan telah mencapai indicator keberhasilan 85% dari jumlah siswa
Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI-1 SMA Negeri 13 Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Ekonomi, Snowball Throwing |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:07 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 09:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63991 |
