Pranata, Samuel Feri Cardo Luxen (2025) “Pengaruh Penggunaan Strategi Scaffolding Dalam Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Merancang Instalasi Penerangan Rumah Sederhana Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMKS Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5202431001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Cover.pdf
Download (224kB)
![[thumbnail of 5202431001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (370kB)
![[thumbnail of 5202431001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Kata_Pengantar.pdf
Download (339kB)
![[thumbnail of 5202431001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Abstrak.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 5202431001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Daftar_Isi.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 5202431001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 5202431001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 5202431001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 5202431001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_BAB_I.pdf
Download (432kB)
![[thumbnail of 5202431001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5202431001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (891kB)
![[thumbnail of 5202431001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (629kB)
![[thumbnail of 5202431001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_BAB_V.pdf
Download (296kB)
![[thumbnail of 5202431001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 5202431001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5202431001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui hasil belajar model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang didukung scaffolding dalam kompetensi merancang instalasi penerangan listrik rumah sederhana di Kelas XI SMKS Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli. 2) Untuk mengetahui hasil belajar model ekspositori dengan scaffolding dalam kompetensi merancang instalasi penerangan listrik rumah sederhana di Kelas XI SMKS Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli. 3) Untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan scaffolding dan model pembelajaran ekspositori dengan scaffolding dalam penguasaan kompetensi merancang instalasi penerangan listrik rumah sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL B sebagai kelas eksperimen 1 dan XI TITL L2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data yang digunakan adalah Non-equivalent group posttest only design,lembar pengamatan afektif dan lembar penilaian psikomotorik. Untuk menjawab hipotesis penelitian, digunakan analisis data statistic menggunakan rumus Uji-T pihak kanan untuk menganalisis hasil keterampilan belajar antar kelompok yang dibandingkan. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas eksperimen 1; post-test �̅ = 31,926; SD = 3,931. Sedangkan kelas eksperimen 2; post-test �̅ = 28,778; SD = 5,279. Pengujian hipotesis dari rumus Uji-T menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 2,485 > 1,674, dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan penilaian afektif kelas eksperimen 1; �̅ = 85,37 sedangkan penilaian afektif kelas eksperimen 2 adalah X ̅ = 79,93 dan selanjutnya dilihat dari penilaian psikomotorik siswa kelas eksperimen 1; �̅ = 84,07 sedangkan kelas eksperimen 2; �̅ = 79,19. Dari penilaian afektif dan psikomotorik dapat diketahui bahwa kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berbantuan scaffolding memberika pengaruh yang baik terhadap hasil belajar merancang instalasi penerangan listrik rumah sederhana pada kelas XI TITL di SMKS Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; Model Ekspositori; Strategi Scaffolding |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63982 |