GULTOM, RIZKY JOCHAFA (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Instalasi Tenaga Listrik Pada Siswa Kelas Xi Titl Di Smk Swasta Dwiwarna MedanT.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183331012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Cover.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 5183331012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (332kB)
![[thumbnail of 5183331012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Kata_Pengantar.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 5183331012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Abstrak.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 5183331012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Daftar_Isi.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 5183331012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Daftar_Tabel.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 5183331012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 5183331012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 5183331012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_BAB_I.pdf
Download (397kB)
![[thumbnail of 5183331012_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (666kB)
![[thumbnail of 5183331012_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (886kB)
![[thumbnail of 5183331012_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (504kB)
![[thumbnail of 5183331012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_BAB_V.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 5183331012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 5183331012_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183331012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan Model Pembelajaran Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilakukan di kelas XI TITL SMK Swasta Dwiwarna Medan. Siswa kelas XI TITL SMK Swasta Dwiwarna Medan memiliki kegiatan mata pembelajaran yaitu Instalasi Tenaga Listrik yang kegiatan proses belajarnya masih hanya berpusat pada guru. Salah satunya model pembelajaran yang dirasa efektif adalah model pembelajaran Project Based Learning. Karakteristik dari pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ini mengembangkan kemampuan berfikir siswa yang memungkinkan mereka untuk memiliki kreativitas, terampil, dan mendorong langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis proyek. Dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ini diharapkan mendapatkan pengaruh belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat memberikan kesempatan dan peluang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan bisa lebih meningkatkan rasa tanggung jawab dalam mengerjakan tugas sekolahDalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2 SMK Swasta Dwiwarna Medan yang berjumlah 60 orang. Dimana kelas XI TITL 1 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan model pembelajaran project based learning. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal. Hasil belajar instalasi tenaga listrik siswa kelas XI TITL 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional atau biasa disebut (Ekspositori) memperoleh nilai rata-rata 79,3 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65. Hasil belajar instalasi tenaga listrik siswa kelas XI TITL 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memperoleh nilai rata-rata 85,3 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 08:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63979 |