Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 067980 Medan Denai.

Pasaribu, Yusri Kurnia (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 067980 Medan Denai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311055_Cover.pdf] Text
1203311055_Cover.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1203311055_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311055_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 1203311055_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311055_Kata_Pengantar.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 1203311055_Abstrak.pdf] Text
1203311055_Abstrak.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 1203311055_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311055_Daftar_Isi.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 1203311055_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311055_Daftar_Tabel.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203311055_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311055_Daftar_Gambar.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1203311055_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311055_Daftar_Lampiran.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1203311055_BAB_I.pdf] Text
1203311055_BAB_I.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of 1203311055_BAB_II.pdf] Text
1203311055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311055_BAB_III.pdf] Text
1203311055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[thumbnail of 1203311055_BAB_IV.pdf] Text
1203311055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311055_BAB_V.pdf] Text
1203311055_BAB_V.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1203311055_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311055_Daftar_Pustaka.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 1203311055_Lampiran.pdf] Text
1203311055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah
peserta didik kelas IV SD dalam materi luas bangun datar dengan menggunakan
teori Newman. Teori Newman berfokus pada lima tahap dalam pemecahan
masalah, yaitu memahami soal, menyusun strategi, melaksanakan strategi,
memeriksa kembali, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengeksplorasi bagaimana
siswa menerapkan setiap tahap dalam proses pemecahan masalah. Data
dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi yang dilakukan pada
sekelompok siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian
besar siswa mampu memahami soal dan menyusun strategi dengan baik, namun
kesulitan ditemukan pada tahap pelaksanaan dan pemeriksaan kembali. Faktor yang
mempengaruhi kesulitan ini antara lain kurangnya pemahaman konsep dan
keterbatasan waktu dalam mengerjakan soal. Temuan ini memberikan wawasan
tentang pentingnya penerapan metode pembelajaran yang lebih mendalam dan
pemberian latihan lebih intensif pada tahap pelaksanaan strategi untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemecahan masalah; Luas bangunan datar; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:45
Last Modified: 18 Jul 2025 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63971

Actions (login required)

View Item
View Item