The Effect of the Use of Multimedia-Based Learning Media on Subject Learning Outcomes Indonesian Class V Students of SDN 158469 Rawa Makmur T.A. 2024/2025

Zega, Try Yebi Veronica (2025) The Effect of the Use of Multimedia-Based Learning Media on Subject Learning Outcomes Indonesian Class V Students of SDN 158469 Rawa Makmur T.A. 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311073_Cover.pdf] Text
1203311073_Cover.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311073_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311073_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 1203311073_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311073_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1203311073_Abstrak.pdf] Text
1203311073_Abstrak.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1203311073_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311073_Daftar_Isi.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1203311073_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311073_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1203311073_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311073_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203311073_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311073_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1203311073_BAB_I.pdf] Text
1203311073_BAB_I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1203311073_BAB_II.pdf] Text
1203311073_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of 1203311073_BAB_III.pdf] Text
1203311073_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[thumbnail of 1203311073_BAB_IV.pdf] Text
1203311073_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[thumbnail of 1203311073_BAB_V.pdf] Text
1203311073_BAB_V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1203311073_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311073_Daftar_Pustaka.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1203311073_Lampiran.pdf] Text
1203311073_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur kelas V SD Negeri 158469 Rawa Makmur, T.A. 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pra-Eksperimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi dimana seluruh siswa menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa tes objektif sebanyak 25 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-T. Hasil penelitian diperoleh: 1) Rata-rata hasil belajar Pretest sebesar 64,6 dan hasil belajar Posttest sebesar 74,8. 2) Data berdistribusi normal dengan nilai data pretes Lkal < Ltabel yaitu 0,171 < 0,190 dan nilai data postes sebesar 0,188 < 0,190, hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal. 3) Dan dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel = 4,132 > 1,729 sesuai dengan kriteria uji-t apabila Thitung lebih besar dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan pengertian bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur kelas V SD Negeri 158469 Rawa Makmur, T.A. 2024/20

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode pembelajaran; Multimedia; Bahasa indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 05:18
Last Modified: 18 Jul 2025 05:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63960

Actions (login required)

View Item
View Item