Rahmayani, Siti (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213311074_Cover.pdf
Download (222kB)
1213311074_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (371kB)
1213311074_Kata_Pengantar.pdf
Download (359kB)
1213311074_Abstrak.pdf
Download (351kB)
1213311074_Daftar_Isi.pdf
Download (300kB)
1213311074_Daftar_Tabel.pdf
Download (225kB)
1213311074_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
1213311074_Daftar_Lampiran.pdf
Download (225kB)
1213311074_BAB_I.pdf
Download (508kB)
1213311074_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311074_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (932kB)
1213311074_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311074_BAB_V.pdf
Download (300kB)
1213311074_Daftar_Pustaka.pdf
Download (378kB)
1213311074_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya kreativitas guru dalam merancang model pembelajaran, penggunaan metode yang kurang efektif, serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran. Studi ini didasarkan pada teori Model Make a match yang menyatakan Model Make a Match
merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada kemampuan bekerja
sama, berinteraksi sosial, dan berpikir cepat melalui kegiatan mencocokkan
pasangan kartu. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan sampel
sebanyak 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas
eksperimen sebesar 83,65, sedangkan kelas kontrol sebesar 72. Berdasarkan hasil
uji independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang
berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model Make a Match berbantuan media flashcard berpengaruh
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS
kelas V SD Negeri 101775 Sampali.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:42 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63918 |
