Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101775 Sampali.

Rahmayani, Siti (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213311074_Cover.pdf] Text
1213311074_Cover.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1213311074_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213311074_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1213311074_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213311074_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 1213311074_Abstrak.pdf] Text
1213311074_Abstrak.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1213311074_Daftar_Isi.pdf] Text
1213311074_Daftar_Isi.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1213311074_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213311074_Daftar_Tabel.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1213311074_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213311074_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1213311074_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213311074_Daftar_Lampiran.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1213311074_BAB_I.pdf] Text
1213311074_BAB_I.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 1213311074_BAB_II.pdf] Text
1213311074_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213311074_BAB_III.pdf] Text
1213311074_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[thumbnail of 1213311074_BAB_IV.pdf] Text
1213311074_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213311074_BAB_V.pdf] Text
1213311074_BAB_V.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1213311074_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213311074_Daftar_Pustaka.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1213311074_Lampiran.pdf] Text
1213311074_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 101775 Sampali. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya kreativitas guru dalam merancang model pembelajaran, penggunaan metode yang kurang efektif, serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran. Studi ini didasarkan pada teori Model Make a match yang menyatakan Model Make a Match
merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada kemampuan bekerja
sama, berinteraksi sosial, dan berpikir cepat melalui kegiatan mencocokkan
pasangan kartu. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan sampel
sebanyak 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas
eksperimen sebesar 83,65, sedangkan kelas kontrol sebesar 72. Berdasarkan hasil
uji independent sample t-test, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang
berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model Make a Match berbantuan media flashcard berpengaruh
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS
kelas V SD Negeri 101775 Sampali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:42
Last Modified: 18 Jul 2025 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63918

Actions (login required)

View Item
View Item