Telembanua, Siti Marhamah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Berbasis Pendekatan Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213111167_Cover.pdf
Download (200kB)
1213111167_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1213111167_Kata_Pengantar.pdf
Download (248kB)
1213111167_Abstrak.pdf
Download (278kB)
1213111167_Daftar_Isi.pdf
Download (248kB)
1213111167_Daftar_Tabel.pdf
Download (189kB)
1213111167_Daftar_Gambar.pdf
Download (185kB)
1213111167_Daftar_Lampiran.pdf
Download (189kB)
1213111167_BAB_I.pdf
Download (583kB)
1213111167_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111167_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (839kB)
1213111167_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111167_BAB_V.pdf
Download (277kB)
1213111167_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
1213111167_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS berbantuan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia di SD Negeri 060858 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental design. Desain quasi eksperimen yang diterapkan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 060858 Medan, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran eksperimen dan Kelas V B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru dan siswa, tes essay dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji statistik berupa uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran ARCS berbantuan etnosains lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model konvensional. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran ARCS berbasis pendekatan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model pembelajaran; Etnosains; Kemampuan berfikir kritis |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF75 Human influences on the environment L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:19 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63905 |
