Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Berbasis Pendekatan Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025

Telembanua, Siti Marhamah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Berbasis Pendekatan Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111167_Cover.pdf] Text
1213111167_Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1213111167_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111167_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111167_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111167_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1213111167_Abstrak.pdf] Text
1213111167_Abstrak.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1213111167_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111167_Daftar_Isi.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1213111167_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111167_Daftar_Tabel.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1213111167_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111167_Daftar_Gambar.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1213111167_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111167_Daftar_Lampiran.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1213111167_BAB_I.pdf] Text
1213111167_BAB_I.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 1213111167_BAB_II.pdf] Text
1213111167_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111167_BAB_III.pdf] Text
1213111167_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[thumbnail of 1213111167_BAB_IV.pdf] Text
1213111167_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111167_BAB_V.pdf] Text
1213111167_BAB_V.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 1213111167_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111167_Daftar_Pustaka.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 1213111167_Lampiran.pdf] Text
1213111167_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ARCS berbantuan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia di SD Negeri 060858 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasi experimental design. Desain quasi eksperimen yang diterapkan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 060858 Medan, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran eksperimen dan Kelas V B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi guru dan siswa, tes essay dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji statistik berupa uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran ARCS berbantuan etnosains lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model konvensional. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran ARCS berbasis pendekatan etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 060858 Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Etnosains; Kemampuan berfikir kritis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF75 Human influences on the environment
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:19
Last Modified: 18 Jul 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63905

Actions (login required)

View Item
View Item