Siregar, Annisa Rezekika (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Tkj SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173351003_Cover.pdf
Download (74kB)
5173351003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (870kB)
5173351003_Kata_Pengantar.pdf
Download (168kB)
5173351003_Abstrak.pdf
Download (132kB)
5173351003_Daftar_Isi.pdf
Download (77kB)
5173351003_Daftar_Tabel.pdf
Download (39kB)
5173351003_Daftar_Gambar.pdf
Download (40kB)
5173351003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
5173351003_BAB_I.pdf
Download (310kB)
5173351003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (946kB)
5173351003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173351003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173351003_BAB_V.pdf
Download (88kB)
5173351003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (130kB)
5173351003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis web, (2) Mengetahui kelayakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis web terhadap proses pembelajaran, (3) Mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis web. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Dengan menggunakan instrumen penelitian multimedia berupa angket dan soal pretest dan posttest. Validasi dilakukan oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, dengan pengujian akseptansi multimedia dilakukan oleh 4 orang siswa dan 1 guru. Pada uji efektifitas dilakukan terhadap 14 orang siswa. Berdasarkan hasil yang didapatkan validasi materi pada keseluruhan aspek pada penilai mendapatkan perolehan skor 3,83 dengan Intepretasi “Layak”, kemudian validasi media keseluruhan aspek pada penilai mendapatkan perolehan skor 3,89 dengan Intepretasi “Layak”, selanjutnya untuk Akseptabilitas Pengguna Produk secara keseluruhan aspek pada penilai 1, 2, 3, 4 dan 5 mendapatkan perolehan skor 4,37 dengan akseptansi “Sangat Tinggi”. Uji efektivitas bahwa rata-rata skor N-Gain yang diperoleh siswa adalah 0,59 yang dikategotikan sedang, skor tertinggi siswa yaitu 0,80 yang berarti dapat dikategorikan tinggi, dan diperoleh skor terendah siswa yaitu 0,33 yang berarti dapat dikategorikan sedang dan cukup efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Web, Pemrograman Dasar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:19 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 03:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63904 |
