Purba, Theo Octa Permana (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi & Statika Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5183311008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Cover.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 5183311008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5183311008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Kata_Pengantar.pdf
Download (561kB)
![[thumbnail of 5183311008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Abstrak.pdf
Download (597kB)
![[thumbnail of 5183311008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Daftar_Isi.pdf
Download (623kB)
![[thumbnail of 5183311008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Daftar_Tabel.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of 5183311008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Daftar_Gambar.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of 5183311008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (381kB)
![[thumbnail of 5183311008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_BAB_I.pdf
Download (782kB)
![[thumbnail of 5183311008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183311008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5183311008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (802kB)
![[thumbnail of 5183311008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_BAB_V.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 5183311008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (516kB)
![[thumbnail of 5183311008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5183311008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi & Statika Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Berdasarkan nilai ulangan harian Dasar- Dasar Konstruksi & Statika siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 M e d a n masih banyak siswanya yang nilainya tidak mencapai KKM, sehinnga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasy eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Direct Instruction dengan model Teams Games Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil dari uji coba ini mendapatkan reliabilitas sebesar 0.911 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih unggul daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian. dari data penelitian rata-rata hasil belajar yang rata-rata hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebesar 79 sedangkan rata- rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model Direct Instruction sebesar 76 .Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 4,037 > Ftabel = 3,133 pada taraf signifikan α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif TipeTeams Games Tournament; Dasar-Dasar Konstruksi; Statika |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63853 |