Ramadani, Silvi (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Facilitator and Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202111003_Cover.pdf
Download (305kB)
5202111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (579kB)
5202111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (302kB)
5202111003_Abstrak.pdf
Download (456kB)
5202111003_Daftar_Isi.pdf
Download (59kB)
5202111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (351kB)
5202111003_Daftar_Gambar.pdf
Download (236kB)
5202111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (236kB)
5202111003_BAB_I.pdf
Download (1MB)
5202111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202111003_BAB_V.pdf
Download (557kB)
5202111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (378kB)
5202111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Medan pada tahun akademik 2024/2025. Ada siswa yang belum mencapai nilai 71 yang ditetapkan sekolah, yang berarti perlu ada inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu Perencanaan (Plan), Tindakan (Act), Observasi (Observe), Refleksi (Reflect). Pada penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Medan Tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan soal berganda yang mana pada siklus I terdapat 22 butir soal dan pada siklus II sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas test tersebut dan dinyatakan valid, yang dimana pada siklus I mendapatkan nilai rata rata 81,73% sedangkan pada siklus II yaitu diperoleh dengan nilai rata-rata 86,13%. Bedasarkan hasil analisis uji t dari nilai soal belajar siklus I dan siklus II diperoleh Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Medan teruji kebenarannya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Facilitator and Explaining; Hasil Belajar Siswa |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:36 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 02:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63851 |
