Simangunsong, Sania Widia Ningsi (2024) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5201111008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Cover.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 5201111008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (519kB)
![[thumbnail of 5201111008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 5201111008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Abstrak.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 5201111008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Daftar_Isi.pdf
Download (461kB)
![[thumbnail of 5201111008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 5201111008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 5201111008_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 5201111008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_BAB_I.pdf
Download (407kB)
![[thumbnail of 5201111008_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (921kB)
![[thumbnail of 5201111008_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201111008_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201111008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_BAB_V.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 5201111008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 5201111008_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201111008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun, hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan pada program keahlian DPIB di SMK Negeri 2 Binjai menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diakibatkan siswa cenderung pasif, sibuk dengan urusannya sendiri saat guru mengajar, dan kurangnya variasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching guna meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari tes hasil belajar siswa kelas X DPIB yang berjumlah 36 orang. Analisis dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 79,58 dengan tingkat kelulusan 80,05%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 83,75 dengan tingkat kelulusan mencapai 100%. Peningkatan ini menunjukkan keberhasilan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran DDKB. Model ini melibatkan siswa secara aktif melalui strategi merangkum, membuat pertanyaan, menjelaskan, dan memprediksi, sehingga siswa lebih memahami materi secara mendalam. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Reciprocal Teaching sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran di SMK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Reciprocal Teaching; Penelitian Tindakan Kelas; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63850 |