Permadi, Rizky Pratama (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Permodelan dan Informasi Bangunan kelas X Program Keahlian DPIB di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193311003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Cover.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 5193311003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of 5193311003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 5193311003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Abstrak.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of 5193311003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Daftar_Isi.pdf
Download (606kB)
![[thumbnail of 5193311003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Daftar_Tabel.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 5193311003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of 5193311003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_BAB_I.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of 5193311003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (969kB)
![[thumbnail of 5193311003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193311003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (894kB)
![[thumbnail of 5193311003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_BAB_V.pdf
Download (333kB)
![[thumbnail of 5193311003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 5193311003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193311003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran gamifikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penerapan gamifikasi dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa melalui elemen-elemen permainan seperti poin, tantangan, serta penghargaan yang membuat proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 46 siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan, yang dibagi menjadi kelas eksperimen (menggunakan metode gamifikasi) dan kelas kontrol (menggunakan metode ceramah). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pemilihan kelas berdasarkan kriteria tertentu yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, lalu dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan gamifikasi mengalami peningkatan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Selain itu, siswa dalam kelas eksperimen menunjukkan tingkat keterlibatan dan motivasi yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran gamifikasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran berbasis keterampilan seperti Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diterapkan dalam pembelajaran di SMK guna meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gamifikasi; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Desain Permodelan; Informasi Bangunan; SMK; Kuasi Eksperimen; Purposive sampling |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:43 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63849 |