PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR DI SMPN 24 MEDAN

Amzer, Qothrunnada (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR DI SMPN 24 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351019_Cover.pdf] Text
4193351019_Cover.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 4193351019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4193351019_Abstrak.pdf] Text
4193351019_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193351019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351019_Kata_Pengantar.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4193351019_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351019_Daftar_Isi.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4193351019_BAB_I.pdf] Text
4193351019_BAB_I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193351019_BAB_II.pdf] Text
4193351019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[thumbnail of 4193351019_BAB_III.pdf] Text
4193351019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[thumbnail of 4193351019_BAB_IV.pdf] Text
4193351019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[thumbnail of 4193351019_BAB_V.pdf] Text
4193351019_BAB_V.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4193351019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4193351019_Lampiran.pdf] Text
4193351019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa SMP pada materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MIPA SMPN 24 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas VIII I sebagai kelas eksperimen menggunkan model pembelajaran konvensional dan Kelas VIII J sebagai kelas kontrol menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata- rata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 28,33 dan 72,66. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Berdasarkan hasil uji t dua pihak didapat nilai thitung>ttabel yakni (0,46<1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Hal ini menyatakan kemampuan awal sampel sama. Nilai rerata post test kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 30,66 dan 64,66. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan homogeny. Hasil analisis uji-t satu pihak didapat nilai thitung>ttabel yakni (5,13>1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Hal ini menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak benda dan makhluk hidup di lungkungan skitar Di SMPN 24 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.4 Amz p
Keywords: Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar; Gerak benda; Makhluk hidup; Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jul 2025 05:34
Last Modified: 17 Jul 2025 05:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63846

Actions (login required)

View Item
View Item