Amzer, Qothrunnada (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGAN SEKITAR DI SMPN 24 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193351019_Cover.pdf
Download (31kB)
4193351019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (177kB)
4193351019_Abstrak.pdf
Download (64kB)
4193351019_Kata_Pengantar.pdf
Download (217kB)
4193351019_Daftar_Isi.pdf
Download (293kB)
4193351019_BAB_I.pdf
Download (124kB)
4193351019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (573kB)
4193351019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (517kB)
4193351019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (619kB)
4193351019_BAB_V.pdf
Download (432kB)
4193351019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (84kB)
4193351019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa SMP pada materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MIPA SMPN 24 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas VIII I sebagai kelas eksperimen menggunkan model pembelajaran konvensional dan Kelas VIII J sebagai kelas kontrol menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata- rata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 28,33 dan 72,66. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Berdasarkan hasil uji t dua pihak didapat nilai thitung>ttabel yakni (0,46<1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Hal ini menyatakan kemampuan awal sampel sama. Nilai rerata post test kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 30,66 dan 64,66. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan homogeny. Hasil analisis uji-t satu pihak didapat nilai thitung>ttabel yakni (5,13>1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Hal ini menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak benda dan makhluk hidup di lungkungan skitar Di SMPN 24 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 578.4 Amz p |
| Keywords: | Problem based learning; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar; Gerak benda; Makhluk hidup; Lingkungan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 05:34 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 05:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63846 |
