Lestari, Nurindah (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202151002_Cover.pdf
Download (198kB)
4202151002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (223kB)
4202151002_Abstrak.pdf
Download (260kB)
4202151002_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
4202151002_Daftar_Isi.pdf
Download (226kB)
4202151002_BAB_I.pdf
Download (275kB)
4202151002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (854kB)
4202151002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
4202151002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (556kB)
4202151002_BAB_V.pdf
Download (368kB)
4202151002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
4202151002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Validasi LKPD dilakukan oleh ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek penyajian, kelayakan isi, penggunaan bahasa dan kegrafisan. Berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 90,6% dengan kategori “sangat layak”, hasil uji validitas oleh ahli pembelajaran memperoleh hasil persentase sebesar 97,5% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil uji validitas oleh ahli desain memperoleh hasil persentase sebesar 82,2% dengan kategori “sangat layak”. Uji efektifitas penggunaan LKPD berbasis etnosains yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan perolehan N-Gain sebesar 0,87 dengan kriteria “tinggi”.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan sudah valid menurut para ahli yaitu ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 578.012 Les p |
| Keywords: | Etnosains; Berpikir kritis; Lembar kerja peserta didik; Klasifikasi makhluk hidup |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:53 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63838 |
