PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN

Rambe, Nur Elisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151021_Cover.pdf] Text
4203151021_Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4203151021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4203151021_Abstrak.pdf] Text
4203151021_Abstrak.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4203151021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151021_Kata_Pengantar.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 4203151021_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151021_Daftar_Isi.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203151021_BAB_I.pdf] Text
4203151021_BAB_I.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203151021_BAB_II.pdf] Text
4203151021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[thumbnail of 4203151021_BAB_III.pdf] Text
4203151021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of 4203151021_BAB_IV.pdf] Text
4203151021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[thumbnail of 4203151021_BAB_V.pdf] Text
4203151021_BAB_V.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4203151021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4203151021_Lampiran.pdf] Text
4203151021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa SMP pada materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas VIII - 1 sebagai kelas eksprimen menggunkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kelas VIII - 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata- rata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 43,06 dan 80,16 sedangkan di kelas kontrol adalah 40,64 dan 72,41. Rata – rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen mengalami kenaikan nilai pada pertemuan I sebesar 60,39 (cukup aktif), pertemuan II sebesar 68,10 (aktif) dan pertemuan III sebesar 74,19 (aktif) dengan rata- rata sebesar 67,56 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing hasil belajar fisika siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.124 Ram p
Keywords: Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Getaran; Gelombang; Pembelajaran inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:01
Last Modified: 17 Jul 2025 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63833

Actions (login required)

View Item
View Item