Rambe, Nur Elisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203151021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Cover.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 4203151021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 4203151021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Abstrak.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 4203151021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Kata_Pengantar.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 4203151021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Daftar_Isi.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 4203151021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_BAB_I.pdf
Download (215kB)
![[thumbnail of 4203151021_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (610kB)
![[thumbnail of 4203151021_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (468kB)
![[thumbnail of 4203151021_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB)
![[thumbnail of 4203151021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_BAB_V.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of 4203151021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of 4203151021_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203151021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa SMP pada materi Getaran dan Gelombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Medan yang terdiri dari 11 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik class random sampling. Kelas VIII - 1 sebagai kelas eksprimen menggunkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kelas VIII - 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata- rata pretest dan postest di kelas eksperimen adalah 43,06 dan 80,16 sedangkan di kelas kontrol adalah 40,64 dan 72,41. Rata – rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen mengalami kenaikan nilai pada pertemuan I sebesar 60,39 (cukup aktif), pertemuan II sebesar 68,10 (aktif) dan pertemuan III sebesar 74,19 (aktif) dengan rata- rata sebesar 67,56 dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing hasil belajar fisika siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.124 Ram p |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Getaran; Gelombang; Pembelajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63833 |