Ningsih, Sri Wahyu (2012) MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101780 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313349 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
108313349 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
108313349 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108313349 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
108313349 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
108313349 BAB I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
108313349 BAB V.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
108313349 DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah cfektifitas belajar siswa rendah pada mats pelajaran matematika. Selanjutnya yang menjadi tujuan dalarn penelitian ini yaitu meningkatkan efektifitas proses belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran matematika.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas IV SD Ncgeri 101780 Percut Sei Tuan yang berjumlah 40 orang siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pcngamatan, dan reflelcsi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengukur 6 indikator efektifitas belajar yaitu :1) kesiapan dalam menerima pelajaran, 2) bertanggung jawab dalam kelompok, 3) menjawab dengan aktif, 4) bekerjasama dengan kelompok, 5) menyumbangkan nilai untuk kelompok, 6) menjadi tutor sebaya. Tes digunakan untuk mengukur indikator ke tujuh yaitu mengevaluasi hash belajar.Hasil pengamatan peneliti terhadap efektifitas belajar siswa pada siklus Ipertemuan I diperoleh rata-rata cfektifitas belajar siswa secara klasikal 1.5, pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 2.0. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II maka efektifitas belajar siswa menjadi semakin meningkat yaitu rata-rata efektifitas secara klasikal 2.6 pada pertemuan 1 dan 3.3 pada pertemuan 2. Hasil tes belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata hasil tes belajar siswa secara klasikal 4.6, pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 6.0. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II maka hasil tes belajar siswa menjadi semakin meningkat yaitu rata-rata hasil tes secara klasikal 7A pada pertemuan I dan 8.7 pada pertemuan 2. Hasil pengamatan terhadap kegiatan mengajar guru pada siklus Pada siklus I pertemuan 1 persentase peningkatan sebesar 55% , pada siklus 1 pertemuan 2 naik menjadi 65%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 80% dan naik lagi menjadi 95% pada siklus II pertemuan 2.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 101780 Percut Sol Tuan pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pecahan berpenyebut tidak sama. Disarankan kepada gum untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa mcmiliki cfektifitas dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkart dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nin m |
Keywords: | Efektivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6383 |