Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar – Dasar DPIB Pada Siswa Kelas X Program Keahlian DPIB Smk Negeri 5 Medan

Sinaga, Jelita Agus (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar – Dasar DPIB Pada Siswa Kelas X Program Keahlian DPIB Smk Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5202411001_Cover.pdf] Text
5202411001_Cover.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 5202411001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5202411001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 5202411001_Kata_Pengantar.pdf] Text
5202411001_Kata_Pengantar.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 5202411001_Abstrak.pdf] Text
5202411001_Abstrak.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 5202411001_Daftar_Isi.pdf] Text
5202411001_Daftar_Isi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 5202411001_Daftar_Tabel.pdf] Text
5202411001_Daftar_Tabel.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5202411001_Daftar_Gambar.pdf] Text
5202411001_Daftar_Gambar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5202411001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5202411001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 5202411001_BAB_I.pdf] Text
5202411001_BAB_I.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 5202411001_BAB_II.pdf] Text
5202411001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202411001_BAB_III.pdf] Text
5202411001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202411001_BAB_IV.pdf] Text
5202411001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5202411001_BAB_V.pdf] Text
5202411001_BAB_V.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 5202411001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5202411001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 5202411001_Lampiran.pdf] Text
5202411001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar siswa yang belum optimal menjadi topik yang menarik untuk dikaji. berdasarkan data yang diperoleh peneliti hanya 61,11% kompetensi tercapai, ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa tergolong belum optimal hingga perlu ditingkatkan. Ada bebarapa faktor yang berkaitan dengan rendah hasil siswa, yaitu rendahnya minat siswa yang diakibatkan karena model pembelajaran yang diterapkan kurang diminati siswa, hal ini bisa terjadi karena peningkatan model pembelajaran yang terlalu tinggi dan tidak bisa diterima oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran PJBL dan model pembelajaran PMM memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan, untuk mengetahui tingkat minat belajar tinggi dan tingkat minat belajar rendah memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan dan Untuk mengetahui ada interaksi antara model pembelajaran PJBL dan PMM dengan tingkat minat belajar terhadap hasil belajar Dasar – dasar DPIB pada siswa kelas X Program Keahlian DPIB SMK N 5 Medan. Uji Normalitas dilakukan dengan Liliefors, masing – masing variabel penelitian pada α = 0,05. Data dikatakan normal jika nilai Liliefors hitung lebih kecil dari nilai Liliefors tabel. Uji kenormalan data hasil A1B1 nilai Lhitung 0,124 < Ltabel 0,215, maka disimpulkan bahwa data hasil belajar A1B1 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil A1B2 nilai Lhitung 0,120 < Ltabel 0,222, maka disimpulkan bahwa data hasil belajar A1B2 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil A2B1 nilai Lhitung 0,176 < Ltabel 0,222, maka disimpulkan bahwa data hasil belajar A2B1 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil A2B2 nilai Lhitung 0,188 < Ltabel 0,215, maka disimpulkan bahwa data hasil belajar A2B2 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil A1 nilai Lhitung 0,088 < Ltabel 0,154 maka disimpulkan bahwa data hasil belajar A1 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil A2 nilai Lhitung 0,125 < Ltabel 0,154 maka disimpulkan bahwa data hasil belajar A2 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil B1 nilai Lhitung 0,136 < Ltabel 0,154 maka disimpulkan bahwa data hasil belajar B1 berdistribusi normal. Uji kenormalan data hasil B2 nilai Lhitung 0,099 < Ltabel 0,154 maka disimpulkan bahwa data hasil belajar B2 berdistribusi normal. Uji normalitas masing – masing variabel penelitian dengan sampel 66 berdistribusi normal. Uji homogenitas data hasil belajar kelompok sampel hasil belajar Dasar – dasar DPIB yang akan diajarkan dengan model PJBL dengan model PMM diperoleh nilai Fhitung 1,7 < dari Ftabel 1,8 maka disimpulkan bahwa kedua kelompok sampel memiliki varians yang relatif sama (Homogen). Uji homogenitas data hasil belajar iv kelompok sampel hasil belajar dengan minat belajar tinggi dan minat belajar rendah diperoleh nilai Fhitung 0,49 < dari Ftabel 1,8 maka disimpulkan bahwa kedua kelompok sampel memiliki varians yang relatif sama (Homogen). Uji homogenitas interaksi antara model pembelajaran PJBL dengan PMM dan minat belajar digunakan rumus barlet diperoleh X²hitung 5,72 < dari X² 7,815 maka disimpulkan bahwa data – data tersebut memiliki varians yang relatif sama (Homogen). Hipotesis pertama diajukan (Ha) diterima, yaitu penggunaan model pembelajaran memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar – dasar Dpib pada siswa kelas X program keahlian DPIB SMK Negeri 5 Medan, dimana Fhitung (9,0749) > Ftabel (3,996). Hipotesis kedua diajukan (Ha) diterima, yaitu tingkat minat memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar – dasar Dpib pada siswa kelas X program keahlian DPIB SMK Negeri 5 Medan, dimana Fhitung (9,0270666) > Ftabel (3,996). Hipotesis ketiga diajukan (Ha) diterima, yaitu terdapat interaksi antara pengguanaan model pembelajaran dengan tingkat minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Dasar – dasar Dpib pada siswa kelas X program keahlian DPIB SMK Negeri 5 Medan, dimana Fhitung (9,0351475) > Ftabel (3,996).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Minat Belajar; Hasil Belajar Dasar – Dasar DPIB
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:08
Last Modified: 17 Jul 2025 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63818

Actions (login required)

View Item
View Item