Analisis Kemampuan Menyimak Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Swasta Efrata Kec. Medan Baru

Pane, Sarah M (2025) Analisis Kemampuan Menyimak Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Swasta Efrata Kec. Medan Baru. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213313026_Cover.pdf] Text
1213313026_Cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1213313026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213313026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1213313026_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213313026_Kata_Pengantar.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 1213313026_Abstrak.pdf] Text
1213313026_Abstrak.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1213313026_Daftar_Isi.pdf] Text
1213313026_Daftar_Isi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1213313026_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213313026_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1213313026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213313026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1213313026_BAB_I.pdf] Text
1213313026_BAB_I.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 1213313026_BAB_II.pdf] Text
1213313026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[thumbnail of 1213313026_BAB_III.pdf] Text
1213313026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[thumbnail of 1213313026_BAB_IV.pdf] Text
1213313026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[thumbnail of 1213313026_BAB_V.pdf] Text
1213313026_BAB_V.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1213313026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213313026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1213313026_Lampiran.pdf] Text
1213313026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis
kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media audiovisual
di TK Swasta Efrata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari dua anak yang menunjukkan
kesulitan dalam kemampuan menyimak. Indikator yang diteliti meliputi
mendengarkan, memahami, menginterpretasikan, mengevaluasi, dan menanggapi.
Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kemampuan
menyimak anak-anak terutama pada indikator menginterpretasikan terbukti
memiliki pengaruh yang paling signifikan karena melalui media audio-visual yang
ditonton, anak-anak dapat menghubungkan pengalaman yang pernah mereka
alami dengan materi yang baru saja mereka lihat. Proses ini memungkinkan anakanak
untuk lebih mudah memahami dan menginterpretasikan informasi yang
disampaikan. Namun, meskipun media audio-visual memberikan pengaruh positif,
kemampuan anak-anak untuk mendengarkan dan mempertahankan fokus masih
perlu perhatian khusus, terutama dilingkungan yang penuh dengan gangguan.
Oleh karena itu, diperlukan upaya dari guru untuk menciptakan suasana yang
kondusif dan memberikan pengawasan selama pemutaran video agar anak-anak
tetap fokus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio-visual sangat efektif
dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak, khususnya dalam aspek
menginterpretasikan isi video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan menyimak; Media audio visual; Anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:37
Last Modified: 16 Jul 2025 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63782

Actions (login required)

View Item
View Item