Pengembangan Model Inqury Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan HOTS Literasi Sains Mahasiswa

Pohan, Lisa Ariyanti (2025) Pengembangan Model Inqury Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan HOTS Literasi Sains Mahasiswa. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216144001_Cover.pdf] Text
8216144001_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8216144001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216144001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8216144001_Abstrak.pdf] Text
8216144001_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 8216144001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216144001_Kata_Pengantar.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 8216144001_Daftar_Isi.pdf] Text
8216144001_Daftar_Isi.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 8216144001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216144001_Daftar_Tabel.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8216144001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216144001_Daftar_Gambar.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 8216144001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216144001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8216144001_BAB_I.pdf] Text
8216144001_BAB_I.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 8216144001_BAB_II.pdf] Text
8216144001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 8216144001_BAB_III.pdf] Text
8216144001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[thumbnail of 8216144001_BAB_IV.pdf] Text
8216144001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 8216144001_BAB_V.pdf] Text
8216144001_BAB_V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 8216144001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216144001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 8216144001_Lampiran.pdf] Text
8216144001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan HOTS literasi sains membutuhkan penguasaan konseptual, pengumpulan masalah ilmiah, agar dapat melakukan evaluasi, penyelidikan ilmiah, interpretasi data, dan keterampilan komunikasi tentang sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Inquiry berbasis STEM untuk meningkatkan HOTS literasi sains mahasiswa. Dari tujuan umum diturunkan tujuan khusus yang meliputi : 1) untuk mengetahui hasil analisis awal terhadap kebutuhan model inquiry berbasis STEM untuk meningkatkan HOTS Literasi Sains; 2) untuk mengetahui hasil validasi desain model inquiry learning berbasis STEM; 3) untuk mengetahui kepraktisan desain model inquiry learning berbasis STEM; 4) untuk menganalisis tingkat keterlaksanaan dari penerapan model inquiry learning berbasis STEM; 5) untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pembelajaran model inquiry learning berbasis STEM; 6) untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menyusun prosedur percobaan untuk penelitian ilmiah; 7) untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran inquiry learning berbasis STEM; 8) untuk membuktikan hasil keefektifan desain model inquiry learning dapat meningkatkan HOTS literasi sains mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil yang diperoleh dari kajian ini bahwa analisis kebutuhan dan analisis dokumen pembelajaran yang tersedia menunjukkan perlunya pengembangan pembelajaran inquiry berbasis STEM, hasil pengembangan diperoleh desain model, buku panduan model, dan perangkat pembelajaran yang telah dinilai oleh validator ahli. Penilaian tentang tingkat kepraktisan LKM berbasis STEM menunjukkan tingkat kepraktisan yang tinggi. Penerapan model pembelajaran inquiry berbasis STEM menunjukkan tingkat keterlaksanaan yang baik. Persepsi mahasiswa merasa terlibat dan aktif dalam proses pembelajaran, mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang prosedur ilmiah dalam melakukan penelitian. Kemampuan mahasiswa dalam bekerjasama sangat baik. Sebagian besar mahasiswa menunjukkan keterampilan kolaboratif yang tinggi. Respon dan Self-Regulated Learning (SRL) mahasiswa positif dengan penerapan model inquiry berbasis STEM. Untuk kemampuan HOTS literasi sains terjadi peningkatan yang jelas dari skor pre test ke post-test untuk sebagian besar individu ditunjukkan N-Gain sebesar 0.48 pada soal pilihan berganda dan 0,53 pada soal essay berada pada kategori sedang. Untuk pengujian hipotesis menggunakan Wilcoxon signed ranks test diperoleh nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa hasil ini sangat signifikan secara statistik yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan dalam skor posttest dibandingkan dengan pretest.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 540.72 Poh p
Keywords: Model Inquiry Learning, STEM, Kemampuan Higher-Order Thinking Skills (HOTS), Literasi Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:29
Last Modified: 16 Jul 2025 06:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63771

Actions (login required)

View Item
View Item