Ujung, Ahmad Zainuddin (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 101768 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313010 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
108313010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313010 BAB I.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313010 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan dalam pembelajaran Sains harus didukung oleh alat peraga dan melaksanakan kegiatan demonstrasi. Siswa kelas V kurang memahami materi pokok gaya gravitasi dengan penggunaan metode ceramah dan gambar saja sehingga hasil tesnya selalu rendah. Siswa selalu di bebani dengan soal-soal dan membaca tanpa memberikan sebuah kegiatan yang membuat siswa lebih aktif dan tidak didukung oleh alat peraga yang didemonstrasikan.Bertolak dari masalah tersebut maslah diatas penggunaan tehnik demonstrasi dapat dilaksanakan dalam pembelajaran sains. Melalui tehnik demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tehnik demonstrasi memberikan pengalaman belajar langsungdfan siswa akan lebih berperan aktif dalam menyusun bahan belajarnya dan melakukan rangkaian demonstrasi yang disusun selanjutnya secara bersama-sama dalam kelompok membuat kesimpulan hasil demonstrasi. Dari kegiatan ini siswa akan lebih paham pada materi pokok gaya gravitasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD N egeri No. 101768 Tembung dengan jumlah siswa 33 orang. Guru pengamat dilibatkan untuk mengamati proses dan hasil kegiatan demonstrasi peneliti dan siswa. Penelitian dikatakan berhasil setelah siswa yang memperoleh nilai≥ 65,00 mencapai ≥80 secara individual dan klasikal. Dari hasil pretes yang telah dilakukan di dapat siswa yang telah memperoleh ketuntasan 13 siswa (39,39%) dan siswa yang belum tuntas 20 orang (60,61%). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus menempuh prosedur perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini m,elibatkan bantuan guru kelas. Dari hasil penelitian siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥65,00 mencapai 26 orang(78,79%) dan siswa yang belum tuntas 7 norang(21,21%) sesuai hasil refleksi pada siklus I maka di lanjutkan pembelajaran pada siklus II. Hasil tes pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥65,00 mencapai 32 orang (96,97%) dan siswa yang belum tuntas 1 orang (3,03%). Sesuai dengan harapan maka penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar sains siswa. Tehnik demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok gaya gravitasi. Tehnik demonstrasi memberikan pengalaman belajar yang langsung serta menciptakan kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan.tehnik demonstrasi juga dapat di gunakan dalam pembelajaran sains yang lebih variatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Uju u |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode Demonstrasi; Pelajaran Sains |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6377 |