PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMKN 1 SIATAS BARITA

Panggabean, Yolanda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI SMKN 1 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142029_Cover.pdf] Text
7203142029_Cover.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 7203142029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142029_Abstrak.pdf] Text
7203142029_Abstrak.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of 7203142029_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142029_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142029_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142029_Daftar_Isi.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of 7203142029_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142029_Daftar_Tabel.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 7203142029_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142029_Daftar_Gambar.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 7203142029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of 7203142029_BAB_I.pdf] Text
7203142029_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142029_BAB_II.pdf] Text
7203142029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 7203142029_BAB_III.pdf] Text
7203142029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142029_BAB_IV.pdf] Text
7203142029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 7203142029_BAB_V.pdf] Text
7203142029_BAB_V.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 7203142029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142029_Lampiran.pdf] Text
7203142029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi di kelas XI AKL SMK Negeri 1 Siatas Barita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar Akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan aplikasi Wordwall lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran langsung siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Siatas Barita.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Siatas Barita. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan Teknik Total Sampling yang diambil dari dua kelas yaitu kelas XI AKL 1 menggunakan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan aplikasi Wordwall dan kelas XI AKL 2 menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes hasil belajar menggunakan tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku pegangan guru sehingga tidak perlu lagi diuji validitas maupun reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi � = 0,05.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 54,09 dan 81,67. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 50,00 dan 60,61. Hasil analisis data penelitian adalah berdistribusi normal dan homogen dalam penelitian ini, maka syarat untuk melakukan uji hipotesis melalui Independent Sample T-Test, didapatkan hasil bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas eksperimen (model pembelajaran STAD berbantuan aplikasi Wordwall) dengan kelas kontrol (model pembelajaran langsung). Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan aplikasi Wordwall lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Aplikasi Wordwall, dan Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Jul 2025 05:02
Last Modified: 16 Jul 2025 05:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63766

Actions (login required)

View Item
View Item