Marbun, Angel Oktoria Manise (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TRI KARYA SUNGGAL TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111026_Cover.pdf
Download (77kB)
2203111026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111026_Abstrak.pdf
Download (127kB)
2203111026_Kata_Pengantar.pdf
Download (236kB)
2203111026_Daftar_Isi.pdf
Download (251kB)
2203111026_Daftar_Tabel.pdf
Download (94kB)
2203111026_Daftar_Gambar.pdf
Download (91kB)
2203111026_BAB_I.pdf
Download (405kB)
2203111026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (716kB)
2203111026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2203111026_BAB_V.pdf
Download (196kB)
2203111026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (295kB)
2203111026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII-2 sebelum penerapan model pembelajaran Prediction Guide. (2) Menganalisis kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII-2 sesudah penerapan model pembelajaran Prediction Guide. (3) Menganalisis pengaruh model pembelajaran Prediction Guide terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII-2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari 76 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII-2 sebanyak 39 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Prediction Guide lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari analisis data, diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata 57,87; standar deviasi 8,86; dan standar error 1,43, yang masuk kategori kurang baik. Sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata 82,77; standar deviasi 10,48; dan standar error 1,70, yang masuk kategori sangat baik. Berdasarkan uji hipotesis normalitas, data pretest dan posttest berdistribusi normal. Selanjutnya, uji homogenitas menunjukkan bahwa sampel berasal dari varian yang homogen. Dari uji T, diperoleh nilai thitung sebesar 11,31 dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk=38 sebesar 1,687. Karena thitung (11,31) lebih besar dari ttabel (1,687), hipotesis penelitian atau Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Prediction Guide memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII di SMP Swasta Tri Karya Sunggal pada tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Prediction Guide; Teks Eksplanasi; Pengaruh |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:15 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 08:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63765 |
