Lesmana, Sandiva Enjelica (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Communicative Language Teaching (CLT) Berbantuan Media Speaking Pyramid Terhadap Speaking Skill Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V SD Swasta Cenderamata Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1212411013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Cover.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 1212411013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 1212411013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 1212411013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Abstrak.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 1212411013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Daftar_Isi.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 1212411013_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Daftar_Tabel.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of 1212411013_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Daftar_Gambar.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 1212411013_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 1212411013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_BAB_I.pdf
Download (496kB)
![[thumbnail of 1212411013_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (985kB)
![[thumbnail of 1212411013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (693kB)
![[thumbnail of 1212411013_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (693kB)
![[thumbnail of 1212411013_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1212411013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of 1212411013_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1212411013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media speaking pyramid sebagai alat pembelajaran komunikatif bahasa berdampak pada kemampuan berbicara siswa di mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas V SD Swasta Cenderamata Medan. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experimental nonequivalent control group design. Dilakukan di Kelas V SD Swasta Cenderamata Medan, yang terdiri dari dua kelas: Kelas V-A, yang merupakan kelas eksperimen, dan Kelas V-B, yang merupakan kelas kontrol. Ada 28 siswa di Kelas V-A dan 28 siswa di Kelas V-B. Instrument penelitian ini meniru kusioner keterampilan berbicara siswa, yang mencakup lima elemen keterampilan berbicara yang telah diuji untuk validitas dan realibilitas. Berdasarkan analisis data dengan sampel 28 siswa dengan kelas eksperimel dan 28 siswa dengan kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata kelas ekperimen pada pretest (65) dan postest (81) sedangkan pada kelas kontrol pretest (65,28) dan postest (68,42). Kedua kelas berdistribusi normal karena memiliki nilai signifikansi 0,119 > 0,05 (pretest eksperimen), 0,159 > 0,05 (postest eksperimen), 0,076 > 0,05 (pretest kontrol), 0,059 > 0,05 (postest kontrol). Uji homogenitas pada postest kelas eksperimen dan kelas control dinyatakan homogen dengan nilai signifikasi 0,364 > 0,05. Dilakukan uji t diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap speaking skill siswa dengan menggunakan metode pemebelajaran Coomunicative Language Teaching berbantuan media Speaking Pyramid dikelas V SD Swasta Cendermata Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode pembelajaran; Bahasa inggris; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:18 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63763 |