Pengaruh Metode Pembelajaran Communicative Language Teaching (CLT) Berbantuan Media Speaking Pyramid Terhadap Speaking Skill Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V SD Swasta Cenderamata Medan

Lesmana, Sandiva Enjelica (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Communicative Language Teaching (CLT) Berbantuan Media Speaking Pyramid Terhadap Speaking Skill Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V SD Swasta Cenderamata Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1212411013_Cover.pdf] Text
1212411013_Cover.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 1212411013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1212411013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1212411013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1212411013_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1212411013_Abstrak.pdf] Text
1212411013_Abstrak.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1212411013_Daftar_Isi.pdf] Text
1212411013_Daftar_Isi.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1212411013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1212411013_Daftar_Tabel.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1212411013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1212411013_Daftar_Gambar.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 1212411013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1212411013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1212411013_BAB_I.pdf] Text
1212411013_BAB_I.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 1212411013_BAB_II.pdf] Text
1212411013_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[thumbnail of 1212411013_BAB_III.pdf] Text
1212411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[thumbnail of 1212411013_BAB_III.pdf] Text
1212411013_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[thumbnail of 1212411013_BAB_IV.pdf] Text
1212411013_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1212411013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1212411013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1212411013_Lampiran.pdf] Text
1212411013_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media speaking pyramid sebagai alat pembelajaran komunikatif bahasa berdampak pada kemampuan berbicara siswa di mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas V SD Swasta Cenderamata Medan. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experimental nonequivalent control group design. Dilakukan di Kelas V SD Swasta Cenderamata Medan, yang terdiri dari dua kelas: Kelas V-A, yang merupakan kelas eksperimen, dan Kelas V-B, yang merupakan kelas kontrol. Ada 28 siswa di Kelas V-A dan 28 siswa di Kelas V-B. Instrument penelitian ini meniru kusioner keterampilan berbicara siswa, yang mencakup lima elemen keterampilan berbicara yang telah diuji untuk validitas dan realibilitas. Berdasarkan analisis data dengan sampel 28 siswa dengan kelas eksperimel dan 28 siswa dengan kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata kelas ekperimen pada pretest (65) dan postest (81) sedangkan pada kelas kontrol pretest (65,28) dan postest (68,42). Kedua kelas berdistribusi normal karena memiliki nilai signifikansi 0,119 > 0,05 (pretest eksperimen), 0,159 > 0,05 (postest eksperimen), 0,076 > 0,05 (pretest kontrol), 0,059 > 0,05 (postest kontrol). Uji homogenitas pada postest kelas eksperimen dan kelas control dinyatakan homogen dengan nilai signifikasi 0,364 > 0,05. Dilakukan uji t diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap speaking skill siswa dengan menggunakan metode pemebelajaran Coomunicative Language Teaching berbantuan media Speaking Pyramid dikelas V SD Swasta Cendermata Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode pembelajaran; Bahasa inggris; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:18
Last Modified: 16 Jul 2025 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63763

Actions (login required)

View Item
View Item