Sihite, Xarina Margaretta (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7203142021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Cover.pdf
Download (451kB)
![[thumbnail of 7203142021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Abstrak.pdf
Download (761kB)
![[thumbnail of 7203142021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7203142021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Daftar_Isi.pdf
Download (778kB)
![[thumbnail of 7203142021_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Daftar_Tabel.pdf
Download (430kB)
![[thumbnail of 7203142021_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Daftar_Gambar.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 7203142021_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (431kB)
![[thumbnail of 7203142021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7203142021_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7203142021_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 7203142021_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7203142021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_BAB_V.pdf
Download (717kB)
![[thumbnail of 7203142021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (991kB)
![[thumbnail of 7203142021_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7203142021_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini terjadi akibat proses pembelajaran yang kurang kondusif, sehingga membuat motivasi belajar siswa rendah, partisipasi untuk berperan dalam pembelajaran berkurang, fokus siswa untuk menerima materi tidak optimal. Proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan siswa akan mengakibatkan siswa merasa kesulitan untuk memahami materi. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM sesuai ketentuan sekolah.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus, terbagi dalam dua pertemuan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI AKL 4 SMK Negeri 7 Medan dengan jumlah siswa 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dan pilihan berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I penerapan model dan media menghasilkan persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 78% atau 25 dari 32 siswa mencapai nilai KKM. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 87% atau 28 dari 32 siswa telah mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | think pair share, index card match, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63762 |