Putra, Rizky Ali (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) Siswa Kelas X Program Studi Teknik Kendaraan Ringan diSMK Negeri 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5171122009_Cover.pdf
Download (50kB)
5171122009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (494kB)
5171122009_Kata_Pengantar.pdf
Download (71kB)
5171122009_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5171122009_Daftar_Isi.pdf
Download (132kB)
5171122009_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
5171122009_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
5171122009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
5171122009_BAB_I.pdf
Download (309kB)
5171122009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (708kB)
5171122009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
5171122009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5171122009_BAB_V.pdf
Download (183kB)
5171122009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (130kB)
5171122009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran
menggunakan canva sebagai media pembelajaran peralatan dan perlengkapan
tempat kerja pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Negeri 4
Medan yang dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran guru dalam
menyampaikan materi pelajaran, (2) untuk mengetahui kelayakan dan tingkat
efektivitas media pembelajaran dalam proses pembelajaran.Metode pengembangan
dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE mencakup
Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi materi sebesar
4,65 dengan kriteria sangat layak, (2) penilaian dari validasi ahli media sebesar 4,68
dengan kriteria sangat layak (3) penilaian dari validasi ahli desain sebesar 4.14
dengan kriteria layak. (4)hasil penilaian dari siswa melalui angket pengguna dengan
uji coba one to one mendapatkan rata rata skor 4,37 dengan kriteria sangat layak,
uji coba skala kecil mendapatkan rata rata skor 4,29 dengan kriteria sangat layak
dan uji coba skala besar mendapatkan rata rata skor 4,33 dengan kriteria sangat
layak dan (5) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan
produk multimedia rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian
prettest adalah 44,39 dan setelah menggunakan produk multimedia rata-rata nilai
hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian posttest adalah 69,85. Sehingga
dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah
dilakukannya pembelajaran menggunakan produk media pembelajaran sebesar
25,46 atau 57,35% dengan tingkat ketuntasan sebesar 85% yang menunjukkan
bahwa multimedia yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media
pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Media, Multimedia Pembelajaran, Canva |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 05:05 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 05:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63761 |
