PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKL 1 DI SMKN 1 KABANJAHE

Br Depari, Winni Rahmayani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKL 1 DI SMKN 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7202442007_Cover.pdf] Text
7202442007_Cover.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 7202442007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7202442007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442007_Abstrak.pdf] Text
7202442007_Abstrak.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of 7202442007_Kata_Pengantar.pdf] Text
7202442007_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442007_Daftar_Isi.pdf] Text
7202442007_Daftar_Isi.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 7202442007_Daftar_Tabel.pdf] Text
7202442007_Daftar_Tabel.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 7202442007_Daftar_Gambar.pdf] Text
7202442007_Daftar_Gambar.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 7202442007_BAB_I.pdf] Text
7202442007_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7202442007_BAB_II.pdf] Text
7202442007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7202442007_BAB_III.pdf] Text
7202442007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 7202442007_BAB_IV.pdf] Text
7202442007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of 7202442007_BAB_V.pdf] Text
7202442007_BAB_V.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 7202442007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7202442007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7202442007_Lampiran.pdf] Text
7202442007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas X AKL SMKN 1 Kabanjahe yang berjumlah 33 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Dari lembar observasi pemahaman konsep siswa pada pre-test terdapat 10 orang siswa (30,30%) yang masuk dalam kategori paham dan sangat paham. Post-test siswa yang termasuk kategori paham dan sangat paham meningkat menjadi 11 orang siswa (33,33%) pada post-test siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa (84,85%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 75%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata dari pre-test diperoleh rata-rata nilai 50,3 dengan siswa yang tuntas 9 orang siswa (27,3%) dan post-test siklus I dengan rata-rata nilai 66,7 dengan siswa yang tuntas 14 orang siswa (42,4%) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 88,2 dengan siswa yang tuntas 30 orang siswa (90,9%) dan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning dapat untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa X AKL SMKN 1 Kabanjahe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman Konsep, Hasil Belajar dan Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:33
Last Modified: 16 Jul 2025 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63754

Actions (login required)

View Item
View Item