Subardja, Violine Angela (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7173342051_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Cover.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of 7173342051_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7173342051_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7173342051_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7173342051_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Daftar_Isi.pdf
Download (986kB)
![[thumbnail of 7173342051_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Daftar_Tabel.pdf
Download (281kB)
![[thumbnail of 7173342051_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Daftar_Gambar.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 7173342051_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 7173342051_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7173342051_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7173342051_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7173342051_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7173342051_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_BAB_V.pdf
Download (696kB)
![[thumbnail of 7173342051_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7173342051_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7173342051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 40.759 + 0,664X1 + 0,338X2. Berdasarkan hasil Uji-t, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,235 > 2,009 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,03 < 0,05. Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,376 > 2,009 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,022 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 22,6%, sedangkan sisanya 77,4% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil Uji-f nilai Fhitung adalah sebesar 8,298 dan nilai signifikansi 0,001. Dengan nilai Ftabel (F = (k ; n – k)) = F (2;49) dengan signifikansi α = 0,05, maka nilai Ftabel adalah sebesar 3,187. Dengan demikian nilai Fhitung > Ftabel (28,887 > 3,187) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil
belajar. Kemandirian belajar dan Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63752 |